Siap-Siap, 4 Daerah Ini Bakal Jadi 'Kelinci Percobaan' Skenario New Normal
Nasional

Skenario 'New Normal' menjadi langkah yang ditempuh pemerintah agar sektor kehidupan masyarakat tetap berjalan normal kendati dihimpit pandemi virus Corona.

WowKeren - Pemerintah tampaknya sudah benar-benar siap menyambut datangnya era baru "New Normal". Pemerintah merancang gaya hidup yang bak kembali ke kondisi normal seperti sebelum ada pandemi namun dengan peningkatan kewaspadaan.

Presiden Joko Widodo pun mengerahkan TNI dan Polri untuk ikut serta mengamankan jalannya gaya hidup new normal. Dan sedianya ada 4 provinsi serta 25 kabupaten/kota yang akan terlebih dahulu menerapkan skenario new normal ini. Mana saja kah?

"Pada tahap pertama aparat akan melaksanakan pendisiplinan di DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatra Barat, dan Gorontalo," ungkap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Selasa (26/5). "Mudah-mudahan tahap pertama bisa berjalan baik akan kami atur pusat perbelanjaan yang kapasitas tadinya 1.000 orang akan kami izinkan 500 orang saja dan kami awasi."


Lantas bagaimana skenario yang akan diterapkan terkait kebijakan baru ini? Dilansir dari keterangan resmi Hadi yang dikutip oleh Republika, Hadi menyebutkan beberapa komponen yang menjadi objek pengetatan protokol kesehatan. "Ada 1.800 objek yang akan kami laksanakan pendisiplinan PSBB," jelas Hadi.

Objek yang dimaksud meliputi sarana transportasi massal, pasar, pusat perbelanjaan, tempat pariwisata, dan lain sebagainya. Selain itu, aparat gabungan TNI dan Polri juga akan menjaga fasilitas tempat-tempat keramaian agar aman dari penularan virus Corona penyebab COVID-19. Seperti rumah makan yang misalnya berkapasitas 500 orang akan dibatasi menjadi maksimal 200 orang.

Selain itu, aparat gabungan TNI-Polri juga akan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk mendisiplinkan aktivitas masyarakat di ruang publik. "Dengan kerja sama ini, termasuk dengan Gugus Tugas, diharapkan masyarakat tetap aman dari COVID-19," tutur Hadi.

Di sisi lain, Presiden Jokowi bahkan ikut meninjau persiapan pusat perbelanjaan di Bekasi, Jawa Barat terkait dengan penerapan new normal. Selain itu, Jokowi bersama jajaran pun ikut mengunjungi Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait