Brasil Catat Rekor Corona Tertinggi 26 Ribu Kasus dalam Sehari
Dunia

Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan sebanyak 26,417 kasus baru yang terkonfirmasi pada Kamis (29/5) waktu setempat. Brasil menjadi negara dengan kasus COVID-19 tertinggi kedua di dunia.

WowKeren - Brasil mencatat lebih dari 26 ribu kasus baru virus corona (COVID-19) dalam 24 jam terakhir. Penambahan kasus baru ini menjadi rekor lonjakan harian tertinggi COVID-19 di negara tersebut.

Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan sebanyak 26,417 kasus baru yang terkonfirmasi pada Kamis (29/5) waktu setempat. Angka ini menambah total positif COVID-19 menjadi 438,238 kasus yang terkonfirmasi.

Seiring melonjaknya kasus positif, angka kematian yang dilaporkan juga turut bertambah. Jumlah kematian baru mencapai 1,156 sehingga total keseluruhan mencapai 26,754. Brasil selama tiga hari berturut-turut mencatat lebih dari seribu kematian dalam sehari.

Brasil sendiri tercatat sebagai negara dengan jumlah kasus corona tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Kendati tercatat sebagai negara kedua tertinggi, Presiden Jair Bolsonaro terus mengabaikan ancaman COVID-19. Alih-alih mengendalikan, dia malah mengatakan bahwa karantina dan lockdown bisa berdampak buruk pada ekonomi Brasil.


Saat banyak gubernur berjuang untuk menerapkan langkah-langkah penekanan penyebaran di daerahnya masing-masing, Bolsonaro justru mendesak agar bisnis-bisnis berjalan kembali.

Presiden Jair Bolsonaro bahkan kerap berselisih dengan para gubernur negara bagian dalam beberapa pekan belakangan terkait aturan karantina wilayah. Ia menyebut bahwa penguncian wilayah justru menimbulkan lebih banyak kerugian dibandingkan penyakit COVID-19 sendiri.

"Akan ada titik di mana orang-orang yang lapar turun ke jalan," kata Bolsonaro, yang sebelumnya menyatakan pusat kebugaran dan salon sebagai layanan esensial sehingga bisa kembali beroperasi, di tengah silang pendapat itu.

Di sisi lain, selama ini Jair Bolsonaro memang dikenal selalu menyampaikan pernyataan kontroversial terkait pandemi virus corona di negaranya. Bahkan Bolsonaro pernah mengatakan langkah-langkah jarak sosial tidak perlu dilakukan agar tak memberi dampak negatif terhadap ekonomi.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru