Begini Imbauan WHO Usai Pandemi Ebola Merebak Lagi
Health

Pihak berwenang di Kongo tengah mengidentifikasi enam kasus. Empat di antaranya adalah kematian karena ebola, tepatnya di kawasan Mbandaka. Para korban tersebut meninggal dunia pada 18 Mei lalu.

WowKeren - Kongo telah mengumumkan adanya wabah ebola baru pada Senin (1/6). Menanggapi hal itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan bahwa virus corona (COVID-19) bukanlah satu-satunya ancaman kesehatan yang harus dihadapi dunia saat ini.

"Ini adalah pengingat bahwa Covid-19 bukan satu-satunya ancaman kesehatan yang dihadapi orang," kata direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam sebuah pernyataan resmi.

Menurut WHO, pihak berwenang di Kongo tengah mengidentifikasi enam kasus. Empat di antaranya adalah kematian karena ebola, tepatnya di kawasan Mbandaka.


Para korban tersebut meninggal dunia pada 18 Mei. Akan tetapi, menurut Menteri Kesehatan Kongo, Eteni Longondo, hasil tes yang mengkonfirmasi ebola baru dilaporkan pada akhir pekan kemarin. WHO sendiri mengatakan sudah memiliki tim di lapangan di negara tersebut.

Sebagai informasi tambahan, epidemi ebola di Kongo mulai merebak pada Agustus 2018. Setidaknya 2,243 orang meninggal dunia karena penyakit itu. Namun, karena munculnya wabah baru di Mbandaka, negara itu tak jadi mengumumkan akhir resmi epidemi ebola di Kongo.

Sementara itu, Kongo juga masih berperang dengan pandemi COVID-19. Setidaknya virus corona masih terdeteksi ada di tujuh dari 25 provinsi di Kongo. Lebih dari tiga ribu kasus dan 72 kematian telah dikonfirmasi. Namun, seperti banyak negara Afrika, pengujiannya sangat terbatas dan dikhawatirkan jumlah korban sebenarnya jauh lebih tinggi.

WHO juga mengatakan bahwa ancaman tak hanya datang dari COVID-19 dan ebola, namun juga campak. WHO mengatakan sudah ada 369,520 kasus campak dan 6,779 kematian sejak 2019. "Ancaman empat kali lipat ini dapat terbukti mematikan bagi jutaan anak dan keluarga mereka," kata direktur nasional di Kongo untuk organisasi bantuan World Vision, Anne-Marie Connor.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait