8 Jenis Makanan Ini Ternyata Tak Boleh Disimpan Di Kulkas, Bisa Bikin Cepat Busuk Hingga Ubah Rasa
Kuliner

Menyimpan berbagai makanan di dalam kulkas memang bisa membantu memperpanjang umur makanan. Namun, ternyata enggak semua makanan boleh dimasukkan ke dalam kulkas loh

WowKeren - Kulkas atau lemari pendingin menjadi salah satu alat elektronik yang paling penting bagi beberapa orang. Selain untuk mendinginkan makanan atau minuman, beberapa orang akan menaruh bahan makanan mereka di dalam kulkas agar lebih awet.

Memasukkan bahan makanan seperti buah-buahan, sayur, hingga daging ke dalam kulkas bertujuan untuk menghindari dari kebusukan. Menyimpan berbagai makanan di dalam kulkas memang bisa membantu memperpanjang umur makanan. Namun, ternyata enggak semua makanan boleh dimasukkan ke dalam kulkas loh.

Beberapa jenis makanan tertentu justru akan cepat rusak jika dimasukkan ke dalam kulkas. Nah, bahan makanan apa saja yang ternyata enggak boleh dimasukkan atau disimpan dalam kulkas? Berikut tim WowKeren rangkum 8 jenisnya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Umbi-umbian


Umbi-umbian

Umbi-umbian seperti kentang dan ubi diketahui tak boleh disimpan di dalam kulkas. Udara yang dingin dan lembap dalam kulkas bisa merusak tekstur dan rasanya. Pati yang terkandung dalam kentang dan ubi akan lebih cepat terurai menjadi gula sehingga kentang dan ubi jadi terasa manis menyengat.

Selain itu, menyimpan kentang dalam suhu dingin akan membuat kentang lembab dan cepat busuk. Teksturnya yang lembut pun akan berubah jadi lebih kasar dan keras. Kentang lebih awet apabila disimpan dalam suhu ruangan. Sebaiknya simpan kentang dan ubi Anda di tempat yang kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung, misalnya dalam lemari makanan.

2. Madu


Madu

Memasukan madu ke dalam kulkas akan membuat kualitas madu menjadi buruk. Suhu dingin akan membuat madu lebih pekat, mengeras, dan mengkristal, sehingga nutrisinya akan berkurang.

Madu termasuk bahan makanan yang awet, jadi jangan ragu menyimpannya di suhu ruangan selama apa pun. Asalkan disimpan di wadah yang bersih dan tertutup, madu bisa bertahan dalam waktu lama. Menyimpan madu di kulkas hanya membuat nutrisinya berkurang dan sulit diolah.

3. Biji Kopi


Biji Kopi

Hal yang paling disukai dari kopi adalah aromanya. Tetapi aroma kopi yang khas itu bisa menghilang jika kita menyimpan bubuk kopi di kulkas. Kelembapan udara di dalam kulkas akan mengubah kopi kalian jadi lebih encer dan aromanya tidak kuat. Biji kopi yang disimpan dalam kulkas juga akan menyerap aroma bahan makanan lain yang disimpan bersamaan.

Rasa kopi kalian pun jadi kacau setelah ditumbuk dan diseduh. Bubuk kopi hanya perlu ditempatkan di wadah tertutup dalam temperatur ruangan. Masukkan ke dalam wadah yang kedap udara dan simpan di tempat yang tidak kena sorotan matahari langsung akan membuatnya awet dan aromanya terjaga.

4. Bawang Bombai


Bawang Bombai

Tempat menyimpan bawang bukan di kulkas, melainkan di kantong kertas lalu menaruhnya di tempat gelap, sejuk, dan jauh dari kentang. Kentang cenderung melepas uap air dan gas yang dapat menyebabkan bawang cepat busuk. Sedangkan kelembapan kulkas membuat bawang mudah berjamur.

Cukup simpan bawang bombai di tempat yang kering, tidak terpapar sinar matahari langsung, dan bersuhu cukup sejuk. Bawang bombai Anda pun akan tetap renyah dan beraroma khas. Selain itu, aroma bawang bombai juga tidak akan mempengaruhi makanan lain di kulkas kalian.

5. Tomat


Tomat

Tomat yang disimpan di kulkas akan lebih cepat matang dibandingkan yang disimpan di suhu ruangan. Maka, jika tomat yang sudah matang disimpan dalam kulkas akan lebih cepat membusuk.

Selain itu, menyimpan tomat dalam kulkas malah akan membuatnya kusam dan lembek. Udara yang dingin juga akan mengubah rasa tomat jadi lebih hambar. Penyimpanan tomat yang terbaik adalah di tempat yang sirkulasi udaranya lancar, misalnya di atas meja dapur.

6. Roti


Roti

Ada anggapan bahwa roti yang disimpan di kulkas akan menjadi tahan lama. Padahal meski tahan lama, roti tersebut akan mengeras dan kehilangan kelembapan. Akibatnya, roti pun jadi terasa kurang lezat meskipun sudah dihangatkan di microwave.

Sebaiknya simpan roti dalam wadah kedap udara selama paling lama tiga hari. Jika kalian memang tidak bisa menghabiskannya dalam kurun waktu tersebut, masukkan ke dalam wadah tertutup sebelum disimpan di dalam kulkas atau freezer.

7. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan

Sebaiknya kacang-kacangan mentah seperti kacang tanah, kacang almond, kacang mete, dan kacang hijau tidak masuk ke dalam kulkas. Pasalnya, kacang yang disimpan di kulkas bisa mengurangi rasa gurih khas kacang-kacangan. Selain itu, kulit kacang juga bisa menyerap bau-bauan dari kulkas kalian.

Cukup masukkan kacang-kacangan dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat yang kering dan jauh dari paparan sinar matahari langsung. Namun, jika kalian memang ingin menyimpannya kira-kira selama setahun, simpan dalam wadah tertutup di dalam freezer.

8. Bawang Putih Dan Bawang Merah


Bawang Putih Dan Bawang Merah

Sama seperti bawang bombai, bawang merah dan putih disimpan paling baik di tempat yang sejuk dan kering. Jika disimpan di lemari es bisa membuat bawang berjamur dengan sangat cepat. Simpan bawang putih di tempat yang kering. Tempat yang lembap seperti kulkas bisa membuat bawang terjangkit jamur dan jadi lembek.

Jika bawang sudah dihaluskan maka bisa disimpan selama beberapa minggu di kulkas. Selain itu, rasa bawang putih dan bawang merah juga tidak akan setajam sebelumnya sehingga masakan kalian pun jadi terasa lebih hambar. Maka, simpan bawang-bawang kalian di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik. Hindari juga bawang putih dan bawang merah dari sinar matahari langsung.

Intip juga yuk, beberapa tips dalam artikel ini untuk menyimpan makanan di kulkas agar tetap berkualitas dan tahan lama. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips menyimpan daging yang baik di kulkas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel