Khofifah Respons Usul DPR Boyong Pasien Corona Jatim ke Wisma Atlet, Setuju?
Nasional

Khofifah menanggapi usulan dari Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad agar pasien Corona yang semakin membludak di Jawa Timur untuk dipindahkan ke Wisma Atlet Jakarta, Kemayoran.

WowKeren - DPR mengusulkan pasien positif Corona di Jawa Timur untuk diterbangkan dan dirawat di Wisma Atlet. Hingga Minggu (7/6), Jawa Timur tercatat masih menjadi provinsi dengan peningkatan kasus baru COVID-19 terbanyak di Indonesia. Pemerintah pun telah merespons usul DPR tersebut.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indra Parawansa ikut mengomentari usul DPR yang ingin mengevakuasi pasien Corona Jatim. Khofifah rupanya tak setuju dan memastikan bahwa Jatim masih mampu menangani pasien dengan dibangunnya rumah sakit darurat.

"Kita punya rumah sakit darurat bed-nya masih sangat banyak," ujar Khofifah dilansir Detik. Rumah Sakit Darurat di Surabaya terpantau masih memiliki 271 tempat tidur perawatan dan kapasitasnya bisa ditambah hingga 571 bed.


"Jadi masih sangat cukup," tegas Khofifah. "Bahkan pihaknya, saya pun juga mengkoordinasikan titik-titik yang memungkinkan mereka itu akan berkenan dievakuasi ke Surabaya silakan."

Sebelumnya, Juru Bicara Khusus Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto telah memperbolehkan pasien Corona Jatim diboyong ke Jakarta. Namun, Yuri mempermasalahkan teknis pemindahan pasien. Sama seperti Khofifah, Yuri memilih opsi Rumah Sakit Darurat di Surabaya.

"Ya enggak apa-apa kan usul boleh-boleh saja. Tapi teknisnya dipikir, diangkutnya menggunakan apa? Kenapa tidak bikin rumah sakitnya di Surabaya?" kata Yuri. "Nah, sekarang yang sudah diresmikan kemarin rumah sakit darurat itu. Yang diresmikan BNPB itu."

Sedangkan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad telah memikirkan teknis pemindahan pasien dari Jawa Timur ke Jakarta. "Tadi sudah dikoordinasikan oleh Kementerian BUMN bahwa pesawat Garuda akan disiapkan untuk mengangkut. Lalu membawa pasien COVID dan dirawat sampai sembuh di Wisma Atlet Jakarta, Kemayoran," tutur Dasco.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru