PDIP Solo Sepakat Tolak Pengunduran Diri Purnomo Lawan Gibran di Pilkada
Nasional

Achmad Purnomo, calon lawan Gibran putra Presiden Jokowi di Pilwalkot Solo memutuskan untuk mundur dari pencalonannya pada April 2020. Belakangan DPC PDIP Solo menolak rencana Purnomo itu.

WowKeren - Beberapa waktu lalu Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo memutuskan mundur dari pencalonannya sebagai Walkot Surakarta. Kendati bersikeras mundur karena simpati atas pandemi Corona, banyak pihak yang mengaitkan hal ini dengan rencana Gibran Rakabuming Raka putra Presiden Joko Widodo mengincar kursi yang sama.

Namun belakangan rencana mundurnya Purnomo ini ditolak oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan sebagai partai yang menaungi karier politiknya. DPC mengambil keputusan itu usai menggelar rapat konsolidasi pengurus ranting, anak cabang, dan cabang di Kantor DPC Solo, Sabtu (6/6).

"DPC PDIP Solo memutuskan untuk menolak pengunduran diri Bapak Achmad Purnomo," ungkap Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDIP Solo, Putut Gunawan, Minggu (7/6). Pada kesempatan itu, Putut dan jajaran DPC mengaku mempertimbangkan kesolidan partai terutama di kalangan akar rumput.

Sebab, sebagai pengingat, Purnomo diusulkan menjadi Walkot Solo oleh DPC PDIP berdasarkan aspirasi kader dari tingkat ranting (kelurahan) hingga cabang (kota). Namun demikian, Putut mengaku memang belum menyerahkan surat keputusan itu kepada Purnomo.


Hanya saja, imbuh Putut, sebagai kader PDIP semestinya Purnomo mengikuti setiap keputusan DPC. "Dikondisikan atau tidak, Bapak Purnomo sebagai kader harus mengikuti," tuturnya tegas, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Senin (8/6).

Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa, yang juga sedianya akan mendampingi Purnomo di Pilwalkot Solo, meminta kader itu untuk sabar menantikan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai. Apalagi nama Purnomo sendiri sudah muncul sebagai bakal calon Walkot Solo dari usulan kader partai.

"Monggo kalau itu pribadinya Pak Pur. Tapi selaku kader partai, Pak Purnomo kemarin kan tidak mencalonkan diri tapi diusulkan oleh kader dari bawah," kata Teguh. "Harapannya Pak Pur sabar menunggu keputusan DPP."

Solo sendiri menjadi salah satu daerah yang sampai saat ini belum mendapatkan rekomendasi dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan DPP. Dan di tengah situasi tersebut, mendadak Purnomo memutuskan untuk mengundurkan diri dari pencalonan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru