Erick Thohir Ungkap Keinginan Gabungkan Bank BUMN Syariah Awal 2021
Nasional

Menteri BUMN itu membuka opsi untuk menggabungkan beberapa bank pelat merah syariah, seperti BNI maupun Mandiri Syariah, pada awal 2021 mendatang. Begini rencana garis besarnya.

WowKeren - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali menelurkan sebuah ide untuk memperbaiki kualitas perusahaan pelat merah Indonesia. Kali ini Erick mengemukakan ide untuk menggabungkan beberapa bank syariah pelat merah di awal 2021 mendatang.

"Kita sedang coba kaji bank-bank syariah kita, ini nanti coba kita merger-in," ujar Erick dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (2/7) malam. "Insya Allah Februari tahun depan jadi satu, Bank Syariah Mandiri, BNI."

Terkait dengan rencana merger-nya, Erick sendiri berdalih dilakukan supaya memberi banyak pilihan bagi masyarakat dalam urusan pendanaan. Apalagi karena peminat bank syariah di Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia begitu besar.

"Supaya tadi, ada opsi-opsi pendanaan. Yang percaya bisnis syariah, kita mesti buka (berikan opsi) itu," jelas Erick, seperti dilansir dari Kompas, Jumat (3/7). "Namanya pendanaan macam-macam, kan ada mahal, murah, syariah, kita mesti welcome semuanya."


"Nah kalau (bank) syariah di-merger, dia bisa menjadi top id bank yang menjadi alternatif pilihan. Karena yang namanya funding terbuka," imbuh Erick. "Ini yang kita coba lakukan segmentasi yang ada di Himbara, supaya tidak kanibal dan memperkaya pada marketnya."

Kendati demikian, idenya untuk menggabungkan bank ini terbatas pada bank syariah. Sejauh ini mantan bos klub sepakbola itu mengaku tak ingin menggabungkan bank Himbara lainnya.

Erick sendiri meminta agar setiap bank konvensional pelat merah di Himbara itu saling bersaing satu sama lain. Asalkan mereka tetap bertahan pada segmen pasar yang jelas.

"Soal bank kan sebelumnya ada pemikiran holdingisasi," terang Erick. "Tapi saya berpikir berbeda. Saya harap bank-bank bersaing dengan sehat, tapi dengan segmen pasar jelas."

Membentuk holding BUMN atau menggabungkan beberapa perusahaan pelat merah dalam satu naungan perusahaan induk memang tampaknya menjadi jurus Erick memperbaiki mutu. Seperti misalnya baru-baru ini Erick membentuk holding BUMN tambang maupun asuransi.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts