Ini Cara Akses Hasil SBMPTN Lewat LTMPT, Kapan Jadwal Pengumuman?
Nasional

Begini panduan untuk mengakses hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 lewat website LTMPT. Kapan jadwal pengumuman dikeluarkan?

WowKeren - Peserta yang telah mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 dapat mengakses hasil pengumuman melalui website LTMPT. Website tersebut merupakan laman resmi pemerintah yang digunakan khusus untuk melihat hasil SBMPTN 2020.

Pengumuman SBMPTN bisa dilihat mulai tanggal 20 Agustus 2020 mendatang. Peserta yang telah mengikuti SBMPTN dapat mengakses hasil akhir apakah mereka diterima atau tidak di perguruan tinggi melalui https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id..

Jadwal SBMPTN 2020 kali ini telah mengalami perubahan dengan mempertimbangkan pandemi COVID-19. Perubahan tersebut pun dilakukan dengan pertimbangan aspek kesehatan dan keselamatan seluruh pihak yang terlibat di dalam penyelenggaraan SBMPTN, baik itu dari panitia hingga peserta seleksi.

Berikut merupakan cara mengakses pengumuman hasil SBMPTN melalui webiste LTMPT:

1. Bukan halaman website https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id..

2. Setelah halaman website selesai dimuat (loading), ketikkan nomor peserta SBMPTN (terdiri atas 10 digit) dan tanggal lahirmu pada area yang sudah disediakan.


3. Tunggu sampai halaman memuat hasil SBMPTN dan status kelulusanmu.

Cara untuk mengakses pengumuman SBMPTN melalui website resmi LTMPT sendiri cukup mudah. Meski demikian, pengumuman tersebut hanya bisa diakses di tanggal yang sudah ditentukan saja. Jika peserta mencoba mengecek saat ini, maka hasilnya belum keluar. Terlebih, peserta masih belum melakukan tes UTBK.

Hasil pengumuman pada 20 Agustus mendatang juga dinilai bisa sulit diakses. Pasalnya, peserta yang akan mengakses halaman pengumuman hasil SBMPTN di portal LTMPT diprediksi mencapai puluhan ribu orang dalam sehari.

Traffic yang tinggi untuk mencoba membuka website tersebut bisa memengaruhi kecepatan loading halaman. Bahkan, bisa jadi halamannya tidak loading ketika kamu akses.

Oleh sebab itu, peserta juga dapat mengakses pengumuman SBMPTN melalui website resmi PTN yang didaftar. Apabila nanti dalam hasil seleksimu menyatakan bahwa kamu lulus serta diterima di PTN serta program studi (jurusan) pilihanmu, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah langsung mengecek saluran informasi PTN atau program studi tersebut.

Sebab, informasi mengenai verifikasi berkas, daftar ulang, maupun proses selanjutnya setelah pengumuman sudah tidak lagi disediakan di portal SBMPTN maupun LTMPT. Informasi tersebut hanya tersedia di masing-masing PTN yang telah dituju peserta.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait