BREAKING: Hampir 65 Ribu Orang Positif Corona, Pulau Jawa Kembali Jadi Hotspot Wabah
Getty Images
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Sebanyak 1.209 kasus Corona baru dikonfirmasi pada Senin (6/7) hari ini sehingga total akumulatifnya mencapai 64.958 orang. 4 provinsi di Pulau Jawa pun menguasai 'Top 5' kasus hari ini.

WowKeren - Pemerintah kembali melaporkan perkembangan terkini wabah virus Corona di Indonesia. Dan pada Senin (6/7) tercatat ada 1.209 kasus positif baru sehingga total ada 64.958 pasien COVID-19.

"Dari pemeriksaan ini kemudian kita dapatkan kasus terkonfirmasi COVID-19 yang positif sebanyak 1.209 orang," tutur Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta. "Sehingga sekarang total akumulasinya menjadi 64.958 orang."


BREAKING: Hampir 65 Ribu Orang Positif Corona, Pulau Jawa Kembali Jadi Hotspot Wabah-1

Twitter/BNPB

Terkait dengan sebarannya, kembali provinsi-provinsi di Pulau Jawa menguasai. Bahkan 4 "peringkat" teratas ada di pulau terkecil Indonesia itu, yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat secara berurutan.

"Jawa Timur melaporkan kasus baru sebanyak 308 orang, namun bersamaan juga melaporkan kasus sembuh sebanyak 104 orang," jelas Yuri. "DKI Jakarta 232 kasus baru, sebanyak 373 orang sembuh. Jawa Tengah 127 kasus baru, sebanyak 60 orang sembuh, Jawa Barat 126 kasus baru, sebanyak 16 sembuh, dan Sulawesi Selatan 84 kasus baru, sebanyak 79 sembuh."

BREAKING: Hampir 65 Ribu Orang Positif Corona, Pulau Jawa Kembali Jadi Hotspot Wabah-2

Twitter/BNPB

Padahal bila membandingkan persebaran pada pekan lalu, Jawa Barat sempat mengalami penurunan kasus. Kenaikan kasus ini sendiri mulai tampak pasca Gubernur Jabar Ridwan Kamil memutuskan untuk melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tingkat provinsi demi memperkenalkan adaptasi kebiasaan baru (AKB) alias new normal.

Merujuk pada tabulasi data milik Kementerian Kesehatan, maka DI Yogyakarta menjadi provinsi yang paling sedikit melaporkan kasus baru di Jawa, yakni dengan 8 pasien saja. Sementara Banten juga terhitung melaporkan sedikit kasus, yakni hanya 12 pasien baru.

Kendati demikian, kabar baik diterima dari luar Pulau Jawa. Sebab angka kasus positif yang dilaporkan tergolong rendah, bahkan ada 11 provinsi yang mencatatkan nol kasus baru hari ini.

Dari segi jumlah kasus sembuh sendiri terdapat penurunan menjadi 814 orang. Sehingga total ada 29.919 pasien COVID-19 yang sudah sembuh. Sementara sebanyak 70 pasien COVID-19 dilaporkan meninggal dunia hari ini, menjadikan total akumulatifnya adalah 3.241 orang.

BREAKING: Hampir 65 Ribu Orang Positif Corona, Pulau Jawa Kembali Jadi Hotspot Wabah-3

Twitter/BNPB

"Memang angka (kematian) kita masih berada di atas rata-rata global. Kita berada di level 5,0 persen, sedangkan global 4,47 persen," kata Yuri. "Dan angka ini akan terus dinamis seiring semakin banyak kita temukan kasus yang kemudian mampu kita isolasi, mampu kita rawat dengan baik, maka sudah barang tentu angka kematian ini akan turun juga."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts