Bioskop Bakal Kembali Buka, Pakar Beber 2 Hal Yang Berpotensi Sebabkan Klaster Corona Baru
Nasional

Sedianya bioskop akan kembali dibuka pada 29 Juli 2020 mendatang. Namun sejumlah pihak mengkhawatirkan rencana ini dapat memunculkan klaster baru penyebaran Corona.

WowKeren - Belakangan muncul wacana pembukaan kembali bioskop pada 29 Juli 2020 mendatang. Namun wacana ini masih menjadi simpang siur karena banyak yang khawatir pembukaan bioksop bisa menjadi klaster baru penyebaran wabah Corona.

Pakar Epidemiologis UGM, Bayu Satria, mengungkap setidaknya ada dua alasan, yakni perihal jaga jarak serta kegiatan makan dan minum yang kerap dilakukan sembari menonton film.

Menurut Bayu, kerap kali penonton memakan kudapan sembari mengobrol. Hal itu sangat berpotensi menularkan virus Corona, apalagi tidak mungkin aktivitas tersebut dilakukan sembari tetap mengenakan masker.

Padahal dengan membuka masker, maka risiko penularan juga semakin besar. "Sama ketika bincang-bincang atau rapat, sebaiknya tetap pakai masker dan jaga jarak," terang Bayu, Selasa (14/7).


Oleh karenanya, Bayu mendesak agar pembukaan bioskop wajib diiringi dengan hasil pengayaan yang ketat oleh otoritas kesehatan di masing-masing daerah. "Hal ini untuk menentukan apakah bioskop tersebut layak buka atau tidak. Jika tidak bisa melakukan itu sebaiknya ditunda," tutur Bayu, dilansir dari Republika.

Jika tidak dilakukan monitoring yang ketat, pengawasan orang yang menonton serta pelaksanaan protokol yang ketat, maka pembukaan bioskop bisa sangat berisiko. Apalagi karena risiko penularan terjadi di dalam ruang tertutup dalam kurun waktu yang lama.

Di sisi lain, perihal pembukaan bioskop ini pun masih menyisakan tanda tanya. Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Syafruddin, menyatakan pihaknya dibuat bingung dengan jawaban berbeda yang disampaikan pemerintah.

Sejauh ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah memberikan restu pembukaan bioskop. Namun Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tak satu suara karena khawatir ada risiko penularan yang sangat tinggi apabila bioskop, yang notabene ruang tertutup, dibuka untuk umum meski dengan sejumlah protokol kesehatan ketat.

"Kita bingung, tolong satu suara. Gugus tugas merapat sama pemerintah, jangan ngomong sendiri, tidak bagus," jelas Djonny. "Bisa kasih tahu Kemenkes, kasih tahu kita protokol kesehatan jadi tidak semuanya ngomong, kita hormati. Cuma caranya yang saya tidak suka, yang mana yang kita pegang."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait