Jakpus Siap Buka Bioskop, Andalkan Cara Ini Untuk Tangkal Corona Dari Airborne
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Bioskop rencananya akan dilakukan serentak pada 29 Juli. Wilayah Jakarta Pusat (Jakpus) akan mengandalkan cara ini demi mencegah penyebaran virus corona lewat airborne.

WowKeren - Pembukaan bioskop rencananya akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada 29 Juli mendatang. Namun, penyebaran virus corona (COVID-19) melalui udara atau airborne cukup menghantui rencana tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya telah memberikan peringatan baru terkait adanya kemungkinan virus corona menyebar lewat airborne. Penyebaran lewat microdroplet tersebut membuat virus bisa bertahan selama 8 jam dalam suatu ruangan. WHO menjelaskan jika hal tersebut memang banyak terjadi di ruangan tertutup dan tidak ada sirkulasi udara yang cukup baik.


Wakil Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus), Irwandi sendiri menyatakan jika wilayahnya siap membuka bioskop pada 29 Juli mendatang. Kini, pihaknya tengah mengecek langsung kesiapan setiap bioskop sebelum beroperasi.

Mengenai penyebaran virus corona melalui airborne, Irwandi mengaku telah menyiapkan solusinya. Ia akan menyiapkan penyedot udara atau exhaust fan demi mencegah penyebaran virus melalui udara di dalam bioskop.

”SOP-nya saya memang belum tahu seperti apa,” kata Irwandi saat rapat pimpinan di Kantor Walikota Jakarta Pusat, seperti dilansir dari CNNIndonesia pada Selasa (14/7). “Apakah Bioskop dimodifikasi ditambahkan exhaust fan karena penyedot udara selama ini tidak ada. Kan itu risikonya sangat tinggi.”

Meski belum memiliki prosedur standar untuk pembukaan bioskop, Irwandi mengatakan pihaknya masih akan terus melakukan pemantauan dengan serius. Ia berharap jika langkah serius pihaknya terkait pencegahan penularan virus corona melalui udara dapat menghindari terjadinya klaster.

”Ini harus jadi perhatian, dua jam bersama, ada yang batuk atau orang tanpa gejala (OTG) selesai, langsung tertular,” terang Irwandi. “Karena itu ruangan tertutup. Jangan sampai menjadi klaster.”

Sebelumnya, bioskop-bioskop di DKI Jakarta sebenarnya telah diizinkan untuk beroperasi sejak Senin (6/7) lalu. Namun, Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) baru memutuskan untuk membuka bioskop pada 29 Juli 2020 mendatang. Keputusan itu dilakukan agar para pengelola dapat melakukan sosialisasi kepada para pegawainya terkait penerapan protokol kesehatan di bioskop.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts