Vaksin COVID-19 Produksi Tiongkok Sudah Masuk RI, Siap untuk Uji Klinis Fase III
Getty Images
Nasional

Untuk mempersiapkan tahap uji klinis fase III ini, Bio Farma akan menggandeng Universitas Padjadjaran dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) serta BPOM.

WowKeren - Vaksin anti COVID-19 yang diproduksi oleh perusahaan asal Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd, telah sampai di Indonesia pada Minggu (19/7). Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah.

Ia menyebut jika vaksin itu kini sudah berada di PT Bio Farma. "Betul, sudah sampai pada Minggu. Sudah diserahkan ke Bio Farma," ujar Faizasyah dilansir Kompas, Senin (20/7).

Ia melanjutkan jika Kemenlu hanya memfasilitasi proses vaksin dari Tiongkok ke Indonesia. Sedangkan untuk pengembangan vaksin ini sendiri, akan dilakukan melalui kerja sama internasional antara Indonesia dengan Tiongkok.

"Strategi jangka pendek memang untuk memastikan akses ke vaksin," lanjut Faizasyah. "Manakala sudah siap diproduksi dan ini dilakukan melalui kerjasama internasional."

Bukan hanya itu, pemerintah Indonesia juga berniat untuk membangun kemandirian atas akses vaksin COVID-19. Hal itu sebagai target jangka panjang yang dilakukan dengan membentuk konsorsium nasional.


Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir menyebutkan jika vaksin COVID-19 yang diproduksi Sinovac sudah melewati uji klinis. Namun, baru tahap satu dan dua.

"Transfer teknologi produksi vaksin COVID-19 dari Sinovac ke Bio Farma dilakukan saat uji klinis fase ketiga," kata Honesti dalam konferensi pers, Kamis (16/7).

Untuk mempersiapkan tahap uji klinis fase III ini, Bio Farma tidak sendiri. BUMN tersebut akan menggandeng Universitas Padjadjaran dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jika BPOM merestui, maka vaksin tersebut bisa mulai digunakan untuk keadaan darurat mulai kuartal pertama 2021.

"Studi pre-klinis, uji klinis tahap satu dan dua telah selesai dilakukan," ujar Honesti. "Sinovac tengah menyiapkan uji klinis tahap tiga di sejumlah pusat uji klinis di dunia."

Sinovac sendiri telah memproduksi sejumlah vaksin untuk lebih dari 30 negara, salah satunya vaksin Hepatitis A. Inilah alasan mengapa Bio Farma memilih perusahaan ini.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait