Turis Domestik Perdana di Masa Pandemi Corona Disambut Wagub   Bali
Facebook/Pemerintah Provinsi Bali
Nasional
Efek Corona untuk Pariwisata

Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, menyambut kedatangan 84 wisatawan nusantara di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Jumat (31/7).

WowKeren - Kedatangan wisatawan nusantara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Jumat (31/7) hari ini disambut langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati. Wagub yang akrab disapa Cok Ace tersebut menyambut 84 turis domestik yang terbang dari Jakarta dengan memberikan kalungan bunga dan juga ucapan selamat datang.

Menurut Cok Ace, acara seremonial ini merupakan wujud apreasiasi kepada turis domestik yang tiba di hari pertama pembukaan kembali pariwisata Bali. Cok Ace menyatakan bahwa terjadi peningkatan penerbangan beberapa hari terakhir ini.

"Sebelumnya sempat anjlok, bahkan pernah hanya 5 penerbangan dalam sehari," ungkap Cok Ace dilansir keterangan tertulis Pemprov Bali pada Jumat (31/7). "Namun beberapa hari terakhir terus bertambah. Kemarin 67 dan hari ini dijadwalkan ada 60 penerbangan."

Menurut Cok Ace, geliat penerbangan yang mulai terjadi di pintu masuk jalur udara ini menjadi awal yang baik bagi kebangkitan pariwisata Bali yang sempat terpuruk di tengah pandemi corona. Untuk awal pembukaan kembali pariwisata Bali, Cok Ace masih belum memasang target jumlah kunjungan turis domestik.


"Target jumlah kita abaikan dulu," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Ketua PHRI Bali ini. "Yang jelas, pada awal dibukanya pintu masuk Bali bagi wisatawan domestik, terlebih dahulu kita akan memantau dan melakukan evaluasi."

Lebih lanjut, Cok Ace mengungkapkan pihaknya akan berusaha untuk menanamkan kepercayaan wisatawan terhadap Bali di fase ini. Dengan demikian, para wisatawan dapat menilai Bali sebagai destinasi yang aman dan nyaman.

"Kita mengharapkan banyak saran dan masukan dari wisatawan yang berkunjung," tutur Cok Ace. "Itu yang akan kita jadikan dasar untuk terus berbenah."

Meski demikian, Cok Ace tetap menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan karena pandemi corona masih belum berakhir. Ia berharap penanganan COVID-19 tetap menjadi perhatian, sejalan dengan upaya pembangkitan sektor ekonomi.

"Saya amati, prosedur kesehatan telah dipenuhi oleh penumpang yang turun di Bandara Ngurah Rai," pungkas Cok Ace. "Kita juga punya satgas berbasis Desa Adat yang diharapkan dapat memberi informasi lebih cepat ketika terjadi sesuatu di lapangan."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts