Kasus Corona Jatim Tembus 22.504, Ada Kabar Baik Dibalik Data Terbaru
Getty Images
Nasional

Kasus virus corona di Provinsi Jawa Timur telah menembus lebih dari 22.504 orang hingga Minggu (2/8). Dibalik data terbaru perkembangan COVID-19 tersebut, ada kabar baik.

WowKeren - Indonesia telah mencatatkan lebih dari 111.000 kasus virus corona (COVID-19) hingga Minggu (2/8). Jawa Timur (Jatim) menjadi salah satu provinsi di Tanah Air yang melaporkan penambahan kasus tertinggi.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan dan BNPB, angka kasus COVID-19 di Jatim bertambah 180 kasus pada Minggu (2/8). Tambahan tersebut membuat Jatim total memiliki 22.504 kasus virus corona.

Adapun angka kesembuhan di Jatim telah bertambah menjadi 191 orang. Dengan ini, total kumulatif pasien sembuh di Jatim ada 15.068 orang, yang menjadikan Jatim menjadi provinsi dengan jumlah pasien sembuh COVID-19 terbanyak se-Indonesia.

”Hari ini terkonfirmasi ada 180 kasus tambahan positif COVID-19 di Jatim,” kata Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril di Surabaya pada Minggu (2/8). “Untuk pasien sembuh bertambah 191 orang.”


Sementara itu, sebanyak 5.717 pasien positif virus corona di Jatim masih menjalani perawatan. Gugus Tugas COVID-19 Jatim juga telah melakukan tracing dan melaporkan sebanyak 5.938 orang masuk dalam kategori suspect (ODP dan PDP).

Dari data tersebut, ada kabar baik seputar penyebaran virus corona di Jatim. Pasalnya, Jatim tidak melaporkan ada pasien COVID-19 yang meninggal pada Minggu kemarin. Alhasil, angka kematian di Jatim hingga saat ini total berjumlah 1.719 orang.

Rinciannya, Jatim memiliki zona merah yang tersebar di 9 kabupaten/kota. Zona merah ini meliputi Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, Kota Malang, Kota Batu, Kota Mojokerto, Jombang dan Kabupaten Mojokerto. Bagi yang ingin melihat update zona merah terbaru, Pemerintah Provinsi Jatim biasanya selalu mengumumkan di laman resmi mereka setiap hari Selasa.

Selanjutnya zona oranye di Jatim tercatat ada 25 kabupaten/kota. Diantaranya adalah Sampang, Pamekasan, Kota Probolinggo, Nganjuk, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Jember, Kabupaten Pasuruan, Magetan, Ngawi, Kota Kediri, Ponorogo, Kota Madiun, Tuban, Lamongan, Kota Blitar, Pacitan, Kabupaten Kediri dan Lumajang.

Terakhir ada 4 kabupaten/kota di Jatim yang dilaporkan masuk zona kuning. Zona ini meliputi Bondowoso, Kabupaten Madiun, Tulungagung dan Banyuwangi.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru