Soal Salati Jenazah Dalam Ambulans, Begini Kata MUI
Nasional

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan menilai tak ada masalah terkait pelaksanaan salat jenazah pasien COVID-19 di depan ambulans asal tetap mengarah ke kiblat.

WowKeren - Beberapa waktu lalu sebuah video yang memperlihatkan sejumlah orang melaksanakan salat jenazah pasien COVID-19 viral di media sosial. Dalam video tersebut terlihat ambulans berada di depan sejumlah orang yang membentuk saf salat.

Seorang imam terlihat memimpin salat jenazah tersebut. Video viral terkait pelaksanaan salat jenazah pasien COVID-19 tentunya menuai pro dan kontra.

Menanggapi hal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan menilai tak ada masalah terkait pelaksanaan salat jenazah tersebut asal tetap mengarah ke kiblat. "Tidak apa-apa, asal mengarah kiblat," kata Ketua MUI Kota Medan, M Hatta, Selasa (4/8).

Hatta mengatakan hal ini diperbolehkan karena situasinya darurat. Jenazah pasien COVID-19 juga bisa disalatkan di pinggir kuburan.


"Karena memang darurat, dia ini kan tidak bisa didekati, jadi bisa dari jauh," jelasnya. "Tidak pun begitu, di pinggir kuburan pun bisa disalatkan. Atau bisa juga dilaksanakan di tempat lain, jadi salat jenazah gaib."

Sebelumnya diketahui, salat jenazah di depan ambulans tersebut dilakukan pada jenazah dokter Andhika Kesuma yang wafat setelah dirawat karena positif Corona di Medan. Jenazah dokter Andhika sendiri telah terbungkus rapi sesuai dengan protokol COVID-19 di dalam ambulans.

Salat jenazah serupa juga digelar usai dokter Ahmad Rasyidi Siregar meninggal. Jenazah dokter Rasyidi tetap berada dalam ambulans sementara jemaah berada di luar ambulans melaksanakan salat jenazah.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Mayor Kes Whiko Irwan, mengatakan pelaksanaan salat jenazah seperti itu bisa saja dilakukan. Pelaksanaan salat jenazah pasien positif COVID-19 wajib mengikuti protokol pemulasaraan jenazah yang telah ditentukan. "Boleh saja, sesuai keyakinan masing-masing," ujarnya. "Yang penting jaga jarak, pake masker, dan peti tidak dibuka."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait