Pengumuman Hasil SBMPTN 2020 Resmi Dimajukan, Ini Alasannya
Nasional

Menurut Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Anwar Effendy, pengumuman SBMPTN pada 14 Agustus mendatang hanya akan menampilkan hasil kelulusan peserta saja, yaitu lolos dan tidak lolos.

WowKeren - Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 resmi dimajukan sepekan menjadi tanggal 14 Agustus 2020. Tadinya, pengumuman akan disampaikan pada tanggal 20 Agustus 2020.

Hal ini disampaikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui akun media sosial resminya. "Halo selamat malam Calon Mahasiswa Indonesia. Allah pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2020 dapat diakses melalui laman resmi LTMPT dan laman mirror pada hari Jumat, 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB," cuit akun LTMPT pada Minggu (9/8) malam.

Jadwal Pengumuman Hasil SBMPTN

Twitter/LTMPT OFFICIAL

Sementara itu, pihak LTMPT sebelumnya juga telah mengungkapkan alasan perubahan jadwal pengumuman hasil SBMPTN tahun ini. "Iya kan waktunya untuk mandiri kan mepet sekali, jadi rektor-rektor ingin dimajukan memang," terang Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, pada Minggu (9/8).

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh Humas LTMPT, Anwar Effendy. Menurut Anwar, keputusan ini diambil salah satunya karena mempertimbangkan PTN yang masih menggelar seleksi jalur mandiri.


"Iya betul dimajukan, menjadi 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB," terang Anwar dilansir Medcom.id. "Salah satunya karena masih ada yang seleksi mandiri di masing-masing PTN. Agar masih ada waktu yang cukup untuk proses seleksi mandiri."

Menurut Anwar, pengumuman SBMPTN pada 14 Agustus mendatang hanya akan menampilkan hasil kelulusan peserta saja, yaitu lolos dan tidak lolos. Adapun pengumuman skor atau nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) nantinya akan disampaikan sehari setelahnya.

"Skor UTBK nanti ada di sertifikat. Bisa diunduh mulai Sabtu, 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB," ungkap Anwar. "Jadi diumumkan terpisah dengan hasil SBMPTN- nya."

Dengan adanya perubahan jadwal ini, Anwar mengimbau seluruh peserta SBMPTN 2020 untuk mempercayai informasi hanya dari sumber resmi, yakni LTMPT. "Jangan terpengaruh tawaran- tawaran dari pihak-pihak yang tidak jelas dengan janji lolos dan harus membayar biaya dalam jumlah tertentu," pungkas Anwar.

Di sisi lain, ada sejumlah penyesuaian yang dilakukan pada SBMPTN tahun ini mengingat pandemi virus corona (COVID-19) yang belum mereda. Salah satunya adalah pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 yang terpaksa dilakukan dalam dua gelombang.

Perubahan jadwal terkait pelaksanaan SBMPTN 2020 pun telah beberapa dilakukan. Pengumuman hasil SBMPTN yang sebelumnya akan dilakukan pada 25 Juli 2020 diundur menjadi 20 Agustus 2020, kemudian kini kembali dimajukan menjadi 14 Agustus 2020.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts