7 Bahan Alami Ini Efektif Mengusir Kecoak di Rumah, Coba Sekarang Juga!
SerbaSerbi

Ada berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir kecoak dari dalam rumah. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Memasuki musim kemarau, udara di dalam rumah akan terasa lebih hangat dan lembab. Kondisi ini dapat menyebabkan kecoak semakin semakin betah berada di dalam rumah. Mereka bisa saja berjalan bahkan terbang ke berbagai ruangan hingga membuat Anda tidak nyaman dan jijik.

Untuk mengusir kecoak, kebanyakan orang akan menginjak, memukul atau memberikan obat serangga beracun. Cara ini memang cukup efektif, namun perlu diketahui bahwa obat serangga bisa membahayakan kesehatan penghuni rumah.

Di sisi lain, cara menginjak dan memukul kecoak hingga mati bisa menyebabkan bakteri dan cacing pita yang ada di dalam tubuhnya keluar. Akibatnya berbagai kotoran tersebut akan menyebar di rumah dan menjadi sumber penyakit. Anda pasti tak ingin hal itu sampai terjadi kan? Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan berbagai bahan alami berikut ini untuk mengusir kecoak di dalam rumah.

(wk/eval)

1. Kopi


Kopi

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengusir kecoak adalah kopi. Meski disukai manusia, aroma kopi yang kuat ternyata cukup dibenci oleh kecoak. Karena itulah kecoak akan kabur menjauh jika mencium aroma kopi di area dalam rumah.

Cara mengusir kecoak menggunakan kopi terbilang sangat mudah sebab Anda hanya perlu menaburkan bubuk kopi di berbagai ruangan rumah dan area yang biasa dilalui kecoak. Tapi ingat, pastikan Anda menggunakan bubuk kopi hitam murni tanpa campuran gula, susu maupun krimer.

2. Mentimun


Mentimun
Shutterstock

Siapa sangka jika mentimun yang biasanya dimakan sebagai lalapan ternyata ampuh mengusir kecoak di dalam rumah. Caranya sangat mudah, sebab Anda hanya perlu mengiris mentimun segar lalu meletakkannya ke dalam kaleng bekas berbahan besi.

Kemudian letakkan kaleng berisi potongan mentimun tersebut ke berbagai sudut rumah atau area yang biasa dilewati kecoak. Perpaduan antara mentimun dan kaleng tersebut dapat menghasilkan aroma yang sangat tidak disukai oleh kecoak.

3. Lemon


Lemon
Unsplash/Sarah Gualtieri

Lemon dikenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Di samping itu, buah yang kaya akan vitamin C ini ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir kecoak di dalam rumah. Manfaat ini didapat dari zat antipathogenic di dalam lemon yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menjadi habitat kecoak.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kecoak dengan lemon. Pertama, campurkan perasan lemon dengan air untuk mengepel lantai sebersih mungkin. Cara kedua, Anda bisa memasukkan perasan lemon dengan air ke dalam botol spray lalu semprotkan ke seisi ruangan atau sudut rumah yang biasa dilalui kecoak.

4. Daun Salam


Daun Salam
Pixabay

Daun salam sering dijadikan salah satu bahan untuk menyedapkan aroma masakan dan membuat rasanya lebih gurih. Jika kita menyukai aroma tersebut, beda halnya dengan kecoak yang sangat membencinya. Karena itulah Anda dapat memanfaatkan daun salam untuk menyingkirkan kecoak dari dalam rumah.

Caranya pun sangat mudah sebab Anda hanya perlu meremukkan daun salam kering atau yang masih hijau sebagai perangkap kecoak. Taburkan remukan daun tersebut ke seisi rumah atau berbagai sudut ruangan yang kerap dilalui oleh kecoak. Dengan begitu, kecoak dijamin enggan mampir lagi ke rumah Anda.

5. Minyak Esensial


Minyak Esensial

Minyak esensial kerap digunakan untuk menciptakan suasana rileks dan menenangkan. Karena itulah ada banyak orang yang menggunakan minyak ini untuk menyegarkan pikiran saat sedang stres. Di samping manfaatnya tersebut, minyak esensial ternyata dapat digunakan untuk mengusir kecoak karena dapat menutupi aroma makanan yang mereka incar. Selain itu, minyak esensial juga mengandung konsentrat tinggi yang bisa membuat kecoak mati jika terpapar.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kecoak dengan minyak esensial. Pertama, gunakan beberapa tetes minyak esensial pada kapas lalu oleskan ke berbagai tempat yang sering dilalui kecoak. Kedua, campur beberapa tetes minyak esensial dengan air lalu masukkan ke dalam botol semprot dan gunakan untuk menyemprot sarang kecoak. Ketiga, Anda bisa meletakkan beberapa tetes minyak ini pada diffuser lalu tempatkan di area dapur.

6. Bunga Melati


Bunga Melati
YouTube/Tree

Selain berfungsi sebagai wewangian, bunga melati juga dapat digunakan untuk mengusir kecoak dari rumah. Aroma wangi dari bunga melati dapat memberikan efek tidak nyaman pada kecoak, sehingga membuatnya kabur menjauh. Cara penerapannya sangat mudah, sebab Anda hanya perlu mengiris kecil bunga melati lalu letakkan di berbagai area rumah yang kerap dilalui kecoak.

7. Merica


Merica

Bahan alami terakhir yang WowKeren rekomendasikan untuk Anda adalah merica. Aroma kuat merica dapat membuat kecoak merasa tidak nyaman dan meninggalkan rumah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pertama-tama haluskan merica lalu letakkan dalam kain kasa dan ikat dengan karet gelang. Tempatkan balutan tersebut di berbagai area rumah maupun sudut ruangan yang biasa dilewati kecoak.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan lada dengan baking soda dan gula lalu letakkan ke dalam mangkuk. Setelah tercampur rata, taburkan di ruangan yang biasa dilalui kecoak untuk membuatnya terkapar.

Demikian tujuh bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir kecoak yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir tikus. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui cara alami mengusir nyamuk di rumah.

You can share this post!

Related Posts