PSBB Transisi DKI Kembali Diperpanjang, CFD Masih Dilarang
Getty Images
Nasional

PSBB Transisi DKI Jakarta kembali diperpanjang untuk keempat kalinya. Dalam pelaksanaan PSBB kali ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap melarang adanya kegiatan Car Free Day (CFD).

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk kembali memperpanjang pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Ini merupakan perpanjangan PSBB yang keempat kalinya yang dilakukan oleh Ibu Kota RI tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Anies juga menegaskan untuk meniadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa, seperti Car Free Day (CFP). "Seluruh aktivitas sosial bersama yang menyebabkan kerumunan itu akan ditunda," kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/8). "Dan ini artinya, kegiatan Car Free Day (CFD) kami putuskan untuk ditiadakan, karena Car Free Day ini berpotensi kerumunan."

Anies juga meminta agar warga tak menggelar perlombaan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang demi mencegah penyebaran COVID-19. Namun, ia tetap mengizinkan bagi warga yang ingin menggelar upacara peringatan hari kemerdekaan, namun dengan peserta yang terbatas.

Tidak hanya itu, warga juga masih bisa melakukan kegiatan menghias kampung, rumah, maupun kantor. "Tapi, lomba-lomba yang biasanya dilakukan itu ditiadakan. Karena, lomba-lomba inilah yang menyebabkan kerumunan tanpa terkendali," ujar Anies. "Sedangkan upacara relatif bisa dikendalikan karena jarak antar berdirinya bisa diatur hingga tata caranya."


Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan Kawasan Khusus Pesepeda di Jakarta juga bakal ditiadakan seiring dengan perpanjangan PSBB transisi. Syafrin mengatakan keputusan tersebut diambil karena masih ditemukan pelanggaran oleh warga yang beraktivitas pada 32 KKP.

Menurut Syafrin, pihaknya masih menemukan warga yang beraktivitas di lokasi KKP tanpa menggunakan masker, menimbulkan kerumunan, serta masih ada warga yang berpotensi tinggi tertular COVID-19 seperti lansia, anak-anak, dan ibu hamil mengunjungi lokasi KKP. "Maka untuk sementara KKP kita tiadakan, sambil kami evaluasi untuk implementasi selanjutnya," ujarnya.

Masyarakat yang ingin berolahraga di hari Minggu dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan Pemprov DKI, seperti jalur sepeda dan beberapa Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang telah dibuka kembali. "Kita punya jalur sepeda sepanjang 63 km dan di beberapa kawasan seperti BKT, serta jalur sepeda sementara Sudirman-Thamrin-Merdeka Barat yang bisa dimanfaatkan," katanya.

Terkait perpanjangan masa PSBB Transisi ini sendiri sebelumnya telah diberi sinyal oleh Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. Menurutnya, perpanjangan tersebut diperlukan lantaran jumlah kasus positif COVID-19 di wilayah Ibu Kota masih cukup tinggi.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait