Kasus Corona Jakarta Tembus 28 Ribu, Wagub DKI Bangga Tandakan Tes Masif Sukses
Nasional

DKI Jakarta catatkan lebih dari 28 ribu kasus virus corona hingga Jumat (14/8), Wakil Gubernur Riza Patria justru mengaku bangga karena artinya tes masif berhasil dijalankan.

WowKeren - Indonesia telah mencatat lebih dari 135 ribu kasus virus corona (COVID-19) hingga Jumat (14/8). Dari jumlah tersebut, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan penyumbang kasus COVID-19 terbanyak di Tanah Air.

Pada Jumat (14/8), DKI Jakarta telah melaporkan penambahan 538 kasus COVID-19. Dengan ini, total kasus virus corona di ibu kota berjumlah 28.438 orang. Sebanyak 18.528 pasien dinyatakan sembuh dan 985 orang meninggal dunia.

Meski kasus corona di Jakarta menjadi yang tertinggi di Indonesia, namun Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku bangga dengan hasil tes COVID-19. Menurutnya, banyaknya kasus disebabkan oleh testing dan pelacakan tracing yang dilakukan dengan masif serta agresif.

Riza menyatakan jika Jakarta saat ini menjadi provinsi dengan jumlah tes PCR terbanyak di Indonesia. Hal ini dibuktikan dari data situs pemantauan corona Jakarta pada Jumat (14/8). Data tersebut mengungkap jumlah orang yang telah menjalani tes PCR di ibu kota mencapai 485.11 dan total spesimen yang diperiksa mencapai 695.802 spesimen.


”Artinya apa? Testing dan tracing kami berhasil untuk identifikasi masalah masuk titik-titik penyebaran COVID-19,” ujar Riza di Balai Kota seperti dilansir dari CNNIndonesia, Jumat (14/8). “Kalau kita ingin putuskan penyebaran ya harus identifikasi masalah, testing dan contact tracing adalah cara yang paling baik untuk segera identifikasi masalah.”

Riza membenarkan jika penyebaran virus corona di Jakarta masih sangat tinggi. Namun, ia mengklaim jika pihaknya masih dapat menekan dan mengendalikan laku penularan COVID-19.

Sebagai bukti, Riza memaparkan data angka kematian atau case fatality rate (CFR) di Jakarta yang telah menurun menjadi 3,6 persen. Bahkan, ia menyatakan jika kasus COVID-19 di DKI sudah mulai menurun dalam waktu beberapa hari terakhir.

”Ini upaya kita dalam rangka mengendalikan dan menangani dengan sangat baik. Jakarta juga dikatakan para ahli adalah provinsi terbaik dalam menangani COVID-19,” jelas Riza. “Dalam seminggu ini sebenarnya sudah mulai turun dari yang sebelumnya minggu lalu sempat tinggi, beberapa hari ini mulai turun.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait