Gunung Bromo Kembali Buka untuk Wisata, Jalur Pendakian Masih Tutup
Nasional

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) John Kenedie mengatakan jika pembukaan jalur pendakian Semeru akan melihat dulu evaluasi pembukaan Bromo

WowKeren - Kabar gembira bagi masyarakat yang sudah tak sabar untuk berwisata ke kawasan Gunung Bromo Jawa Timur. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan empat pemerintah daerah (Pemda) telah memberikan izin operasional dibukanya kembali wisata Gunung Bromo di era new normal mulai 28 Agustus.

Kendati demikian, pembukaan tidak termasuk jalur pendakian Gunung Semeru. Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) John Kenedie.

Ia mengatakan jika pembukaan jalur pendakian ke Semeru akan melihat dulu kondisi setelah pembukaan Bromo. "Khusus Gunung Semeru masih kita tutup, nanti kita lihat hasil evaluasi dari pembukaan di Gunung Bromo dulu," ujarnya, Selasa (25/8).

Pembukaan taman wisata ini juga memperhatikan kapasitas pengunjung. Empat Pemda telah sepakat untuk membatasi jumlah pengunjung maksimal 20 persen dari kapasitas atau sekitar 739 orang.  "Baru dibuka bertahap 20 persen dari jumlah daya dukung dan tampung atau sejumlah 739 orang," ujarnya.


Ke depan, diharapkan seiring berjalannya waktu jumlah kuota bisa ditambah hingga 50 persen. Namun hal ini harus melalui evaluasi yang dilakukan secara periodik.

"Nanti setiap minggu diadakan evaluasi," kata John. "Begitu dinyatakan aman akan ditambah, nanti ditambah 30 persen, kemudian menjadi 40 persen, kemudian menjadi 50 persen, jadi bertahap penambahan."

Calon pengunjung juga harus membawa surat keterangan bebas ISPA dari Puskesmas setempat. Pihak pengelola juga akan melakukan pengecekan suhu tubuh dan pemakaian masker.

"Sesuai kesepakatan dengan empat tim gugus tugas Pemda," lanjut John. "Kita sepakati melampirkan surat keterangan bebas ISPA, harus ada dari puskesmas."

Biaya tiket masuk ke wisata Bromo sebesar Rp 29.000 di hari kerja dan Rp 34.000 di akhir pekan. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara HTM hari kerja sebesar Rp 220 ribu dan Rp 320 ribu di akhir pekan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait