Yogyakarta Siap Buka Wisata Dengan Pengunjung Massal Di Tengah Corona, Intip Strateginya
Nasional

Pemerintah Daerah (Pemda) Yogyakarta sedang bersiap untuk membuka kembali berbagai sektor wisata tanpa adanya batasan pengunjung di tengah pandemi corona. Ini strateginya.

WowKeren - Sejumlah pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah dibuka di tengah pandemi virus corona. Setelah sempat ditutup, Pemerintah Daerah (Pemda) Yogyakarta secara bertahap membuka wisata dalam menyambut kehidupan new normal.

Dinas Pariwisata Yogyakarta kini mulai mempersiapkan membuka pariwisata secara penuh tanpa mempertimbangkan batasan pengunjung. Cara ini dinilai dapat membangun kepercayaan dari wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi Kota Pelajar.

Adapun konsep yang akan diterapkan adalah pariwisata berbasis kualitas atau yang mereka sebut quality tourism. Saat ini, setidaknya sudah ada pengelola wisata di lima kabupaten atau kota di Yogyakarta yang diminta untuk mempersiapkan konsep tersebut.

”Sekarang ini, kita menyiapkan diri untuk menuju strategi quality tourism,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo seperti dilansir dari Kumparan, Selasa (8/9). “Karena untuk konsep pariwisata massal kan sebelum pandemi ya.”


Lebih lanjut Singgih menjelaskan mengenai konsep pariwisata berbasis kualitas tersebut. Konsep itu nantinya tidak akan mementingkan jumlah wisatawan lagi yang akan datang. Pihaknya hanya akan fokus pada penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat saja.

Konsep ini diyakini Singgih dapat membuat destinasi wisata di Yogyakarta kembali bangkit dan bahkan lebih baik dari sebelum pandemi menerjang. Wisatawan diharapkan terus berdatangan sehingga ekonomi masyarakat Yogya juga dapat pulih.

"Kalau daya tarik sama tetapi layanan bagus,” ungkap Singgih. “Maka kita bisa jual lebih tinggi lagi karena punya nilai tambah.”

Peningkatan dan perbaikan di sejumlah sektor juga akan terus dilakukan Pemda. Diantaranya adalah kualitas layanan, higienitas hidangan atau kuliner, akses transportasi darat, layanan hotel, hingga keberadaan narasi budaya pada setiap destinasi.

Selain itu, Pemda DIY juga akan memberikan pelatihan kepada setiap pengelola maupun pemandu wisata. Mereka akan diberikan sosialisasi mengenai pelayanan hingga keistimewaan Yogyakarta sehingga bisa memberikan kesan yang baik bagi para wisatawan.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru