Indonesia Mundur Dari Piala Thomas dan Uber 2020 Gara-Gara Ini
PBSI
Nasional

Selain Indonesia, Australia, Taiwan, Thailand, dan Korea Selatan juga memutuskan untuk mengundurkan diri dari Piala Thomas dan Uber 2020 yang akan digelar di Denmark pada Oktober mendatang.

WowKeren - Indonesia resmi mengundurkan diri dari ajang bulu tangkis bergengsi, Piala Thomas dan Uber 2020. Sedianya, ajang olahraga ini akan berlangsung di Aarhus, Denmark, pada 3 hingga 11 Oktober 2020 mendatang.

Keputusan ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto. Menurut Achmad, keputusan untuk menarik tim dari Piala Thomas dan Uber 2020 diambil berdasarkan diskusi dengan atlet dan ofisial.

"Tim Indonesia dipastikan mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020. Kami sudah mengirim surat ke Menpora dan akan segera mengirim pernyataan tertulis ke BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia) mengenai hal ini," terang Achmad dilansir Badminton Indonesia pada Sabtu (12/9). "Keputusan ini diambil setelah kami berdiskui dengan para atlet dan tim ofisial."

Salah satu alasan mundurnya tim bulu tangkis Indonesia dari Piala Thomas dan Uber 2020 adalah adanya rasa khawatir para atlet terhadap kemungkinan terpapar virus corona (COVID-19). Diketahui, COVID-19 hingga kini masih mewabah dan bahkan telah menjangkit lebih dari 28 juta di berbagai belahan dunia.


"Kalau ditarik dari awal, sebetulnya semua semangat melihat kesempatan yang begitu besar," jelas Achmad. "Namun, dalam perjalanan waktu dan mencermati perkembangan COVID-19 yang belum terselesaikan baik di Indonesia maupun negara lain, menimbulkan keraguan para atlet."

Selain itu, para atlet dan ofisial juga ragu untuk mengikuti turnamen bergengsi ini karena tak ada jaminan dari BWF apabila ada anggota tim yang terjangkit COVID-19. Berdasarkan alasan- alasan tersebut, jajaran pimpinan PBSI akhirnya memutuskan untuk menarik tim bulu tangkis Indonesia dari Piala Thomas dan Uber 2020.

Menurut Achmad, para pemain sebelumnya telah menyampaikan keraguan mereka kepada tim ofisial, yang kemudian dilanjutkan ke pengurus. Adapun pihak pengurus disebut sangat fokus dengan kesehatan dan keselamatan para atlet serta ofisial sehingga bisa memahami kekhawatiran tersebut.

Selain Indonesia, Australia, Taiwan, Thailand, dan Korea Selatan juga memutuskan untuk mengundurkan diri dari Piala Thomas dan Uber 2020. Adapun Keputusan ini membuat Indonesia otomatis tak akan berpartisipasi di ajang Denmark Open I dan Denmark Open II yang merupakan bagian dari turnamen seri Eropa.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait