Aturan KRL Makin Ketat, Penumpang Pakai Masker Scuba Dilarang Masuk Stasiun
Nasional
COVID-19 di Indonesia

VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, mengimbau agar penumpang memakai masker kain yang terdiri dari 3 lapis. Selain scuba, masker buff juga dianggap kurang efektif

WowKeren - KRL Commuter Line memberlakukan aturan ketat terkait pemakaian masker. Dilansir Kumparan, Senin (21/9), mulai hari ini calon penumpang yang memakai masker scuba dilarang masuk stasiun.

Bukan tanpa alasan, masker scuba dianggap kurang efektif dalam mencegah penyebaran virus corona. Sehingga pihak KRL ingin agar penumpang yang hendak menggunakan jasa transportasi mereka memakai masker yang terbukti efektif mencegah cairan dari mulut dan hidung.

VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, melalui keterangannya, mengimbau agar penumpang memakai masker kain yang terdiri dari 3 lapis. Selain masker scuba, masker buff juga dianggap kurang efektif dalam mencegah penularan COVID-19.

"Seperti masker kain yang terdiri dari tiga lapisan atau masker kesehatan yang digunakan sekali pakai," tutur Anne. "Hingga saat ini ketentuan tersebut dapat diikuti dengan baik oleh para pengguna KRL."


Adapun sosialisasi ini sudah dilakukan sejak pekan lalu. dibanding masker medis, efektivitas masker scuba/buff berkisar 0-5 persen untuk mencegah penyebaran droplet (cairan) yang keluar dari mulut atau hidung.

Kendati demikian, masih ada saja calon penumpang yang memakai masker scuba. Alhasil, mereka pun dilarang masuk oleh petugas.

Salah seorang penumpang, Max, mengatakan pengguna yang memakai masker scuba dan buff dilarang masuk ke stasiun. Sehingga mereka pun harus kembali dan membeli masker baru. "Enggak boleh masuk sama petugas," ujar Max dilansir Kumparan, Senin (21/9).

Ahli Pencitraan Molekuler Martin Fischer yang juga merupakan ilmuwan dari Duke University, menjelaskan alasan buff menjadi jenis masker yang paling tidak efektif dalam mencegah transmisi COVID-19. Buff bahkan berisiko meningkatkan jumlah droplet yang keluar selama berbicara, batuk, atau bersin.

"Mungkin banyak orang berpikir, menggunakan masker jenis apa saja lebih baik dibanding tidak memakainya sama sekali. Akan tetapi, hal itu salah," kata dia. Ia bahkan menyebut jika pemakaian buff justru lebih buruk ketimbang tidak mengenakan masker.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts