Pesanan Ambulans Naik Signifikan Imbas Tingginya Kasus COVID-19 di RI
Rawpixel
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Satu unit ambulans membutuhkan waktu sekitar dua pekan hingga 2 bulan untuk proses perakitan. Perbedaan ini disebabkan karena spesifikasi yang diminta juga bervariasi

WowKeren - Jumlah pasien COVID-19 terus bertambah di Indonesia. Hal ini rupanya juga berimbas pada kian meningkatnya pesanan ambulans.

Salah satu bengkel tempat perakitan mobil ambulans di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kebanjiran pesanan ditengah pandemi COVID-19. "Merebaknya kasus COVID-19 membuat pesanan ambulans semakin banyak," kata Project Manager PT Ambulance Pintar Indonesia Ari Cukmara, Senin (28/9).

Ari menjelaskan jika sejak pandemi merebak, pihaknya kebanjiran orderan mobil ambulans. Hingga kini, ia menyebut sudah ada sekitar 800 unit mobil ambulans yang dipesan. Tak hanya rumah sakit namun juga dinas kesehatan yang ada di seluruh Indonesia.

Padahal biasanya, pihaknya menerima pesanan ambulans sebanyak 500 unit pertahun. Namun kini yang mana belum mendekati akhir tahun, jumlah pesanan sudah mencapai 800 unit. "Pesanan paling jauh hingga ke daerah Papua dan banyak juga daerah lain yang dikirim," ungkapnya.

Di lain sisi, meningkatnya pesanan ini juga berimbas pada pembukaan lapangan tenaga kerja. Pihaknya harus menambah puluhan karyawan demi bisa memenuhi permintaan tersebut.


"Jadi ya karyawan juga pada lembur soalnya banyak pesanan," terang Ari. "Kita juga tambah karyawan dari 40 menjadi 70 orang."

Meningkatnya kebutuhan akan ambulans disebabkan lantaran banyak pasien yang harus dijemput untuk menjalani isolasi di tempat yang sudah disediakan. "Ya karena memang dibutuhkan, dipesan dan minta dipercepat juga. Maka kami juga bekerja keras ini," ucapnya.

Mobil ambulans juga beraneka macamnya. Ari menuturkan jika untuk satu unit ambulans membutuhkan waktu sekitar dua pekan hingga 2 bulan untuk proses perakitan. Perbedaan ini disebabkan karena spesifikasi yang diminta juga bervariasi.

"Kalau yang standar ya bisa cepat, kalau yang mungkin full spesifikasi ya kan harus nunggu alatnya dulu. Biasanya impor," ujarnya lagi.

Tak semua mobil ambulans yang dipesan adalah yang komplit mulai dari unit mobil hingga perakitan. "Pesanan ambulans ini diserahkan ke pemesan. Ada yang memiliki mobil kemudian dirakit menjadi ambulans," imbuhnya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts