Sejumlah Relawan Vaksin Corona Sinovac Dilaporkan Sakit, Apa Penyebabnya?
Nasional

Tim Peneliti dari FK Unpad melaporkan sejumlah relawan vaksin COVID-19 Sinovac mengonsultasikan beberapa keluhan di tengah masa uji klinis. Begini penjelasan tim peneliti.

WowKeren - Vaksin Corona buatan Sinovac Tiongkok saat ini sedang menjalani uji klinis fase III di beberapa daerah, termasuk Kota Bandung, Jawa Barat. Namun kekininan beberapa relawan dilaporkan mengalami sakit ketika menjalani uji klinis tersebut.

Terkait dengan penyakit yang dialami para relawan itu, Manajer Tim Riset Uji Vaksin dari FK Universitas Padjajaran, Eddy Fadlayana memastikan bahwa sakit yang dialami bukan karena imunisasi. "Dia dulu punya hipertensi sekarang kumat. Ada yang sakit tipes, rematik, maag," ungkap Eddy, Senin (19/10).

Para relawan yang sakit itu melapor sendiri ke tim peneliti untuk kemudian diperiksa dokter rumah sakit dan ditanggung asuransi. "Nggak banyak (yang sakit), sedikit. Nggak ada yang sakitnya berat," tegas Eddy, dilansir dari Tempo.

Dan yang terpenting, para relawan itu pun menunjukkan hasil negatif ketika diperiksa status COVID-19 dengan PCR. Sehingga sejauh ini tidak ada relawan vaksin yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona pasca temuan pertama pada September 2020 lalu.


Sebagai pengingat, kala itu seorang relawan yang baru pergi dari Semarang, Jawa Tengah dikonfirmasi positif COVID-19. Sedangkan sejauh ini rekam medik seluruh relawan yang sakti sudah disampaikan kepada Komite Etik dan tim konsultan riset untuk diaudit.

Di sisi lain, imunisasi uji klinis pun berjalan normal, yakni disuntik setiap Jumat. Di tiap pusat imunisasi, ada sekitar 25-30 relawan yang disuntik, baik dengan vaksin ataupun plasebo.

Tercatat sebanyak 1.620 relawan sudah mendapatkan suntikan pertama karena vaksin yang diujicoba adalah double doses alias harus diberikan dua kali. "Relawan yang sudah dua kali disuntik 600 orang lebih," terang Eddy.

Bila berjalan lancar, sedianya Ketua Tim Peneliti Kusnandi Rusmil akan melaporkan hasil riset uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac ke sponsor pada Desember 2020, dalam hal ini ke PT Bio Farma. Total ada hasil uji terhadap 540 relawan yang akan dilaporkan pada kesempatan tersebut. Sedangkan laporan lengkap semua riset akan dilakukan pada Maret 2021.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait