La Nina Mulai Hantam Indonesia, BMKG Bongkar Puncak Fenomena Ini
Nasional

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan jika dampak dari fenomena La Nina akan segera menghantam banyak wilayah di Indonesia. Ini puncaknya.

WowKeren - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan jika fenomena La Nina akan segera melanda banyak wilayah di Indonesia. BMKG lantas melaporkan data terbaru mengenai situasi efek La Nina di Tanah Air.

Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Indra Gustari menjelaskan bahwa saat ini La Nina sudah terjadi. “Saat ini sudah terjadi La Nina," kata Indra seperti dilansir dari Kompas, Sabtu (17/10).

Sebagai informasi, fenomena La Nina adalah anomali sistem iklim global yang terjadi dengan periode ulang berkisar antara 2-7 tahun di Samudra Pasifik dan atmosfer. Fenomena ini menyebabkan langit di atasnya berubah dari keadaan netral (normal) serta minimal berlangsung selama 2 bulan.

BMKG menjelaskan jika fenomena La Nina akan menciptakan kondisi pendinginan yang tidak biasa, yaitu anomali suhunya melebihi -0.5 derajat celcius di area yang sama. Indikator La Nina ini bisa terlihat dari anomali suhu muka laut Pasifik tengah.


Indra mengatakan pihaknya telah mendapatkan data mengenai dampak La Nina. Hingga 10 Oktober ini, suhu sudah berada dibawah -0.5 derajat celcius dan sudah berlangsung lebih dari 7 dasarian (2 bulan lebih) di sejumlah wilayah Indonesia.

Lebih lanjut BMKG membeberkan prediksi mengenai puncak La Nina yang akan terjadi pada November-Desember 2020. “Analisis dan prediksi Dinamika Atmosfer dan Laut memperlihatkan bahwa November-Desember 2020 La Nina berada pada tingkat moderat,” jelas Indra.

Meski telah memprediksi puncak La Nina, namun BMKG mengatakan jika dampak fenomena tersebut di Indonesia cukup luas. Oleh sebab itu, masih diperlukan penelitian dan pengamatan lebih detail lagi.

Adapun perbedaan dampak La Nina di Indonesia akan ditentukan oleh lokasi dan waktu. Pasalnya, tidak seluruh wilayah di Indonesia akan mengalami peningkatan curah hujan seiring adanya La Nina.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait