Didemo di Balai Kota, Anies Baswedan Tak Temui Massa Pekerja Ambulans DKI Karena Ini
Nasional

Dalam aksi unjuk rasa kemarin, massa pekerja ambulans mempertanyakan alasan Anies mau menemui para pendemo Omnibus Law, namun tak menemui mereka yang notabene merupakan karyawan Pemprov DKI.

WowKeren - Massa Perkumpulan Pekerja (PP) Ambulans Gawat Darurat (AGD) Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (22/10). Mereka pun sempat meminta agar Gubernur DKI Anies Baswedan keluar dan menemui mereka.

Sayangnya, Anies tak kunjung keluar hingga massa bubar. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria lantas mengungkapkan alasan mengapa Anies tidak menemui para pekerja ambulans tersebut.

"Kan Pak Gubernur sedang ada acara yang pada saat bersamaan," ungkap Riza di Balai Kota DKI pada Kamis (22/10). Menurut Riza, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tidak menghalangi pihak mana pun yang hendak berunjuk rasa.

Namun, Riza menyarankan agar mereka melakukan tindakan persuasif sebelum memutuskan untuk berunjuk rasa. Salah satu caranya adalah dengan melakukan audiensi tatap muka terlebih dahulu.


"Semua punya kesempatan yang sama untuk menyampaikan masalahnya. Ya silakan disampaikan secara baik-baik, mungkin melalui surat-menyurat, melalui audiensi tatap muka, ketemu, silakan, ya, pada pihak- pihak terkait," jelas Riza. "Jadi demonstrasi bukan tidak boleh, itu pilihan yang terakhir sejauh bisa dilakukan secara persuasif itu lebih baik, sejauh bisa dilakukan dengan tatap muka, itu lebih baik, dengan surat menyurat, korespondensi itu juga baik ke baru terakhir, baru pilihannya demo."

Terkait massa pekerja ambulans yang melakukan aksi unjuk rasa, Riza mengaku masih belum memahami duduk perkaranya. Namun, ia berjanji akan mencari tahu persoalan yang diaspirasikan para pegawai di lingkungan Dinkes DKI tersebut.

"Saya belum tahu masalah sebenarnya persisnya apa ya. Apakah betul sudah di-PHK atau belum, mau di, baru rencana dan bagaimana apa sebabnya," pungkas Riza. "Nanti kami akan cari tahu apa masalah sesungguhnya nanti kita akan diskusikan mencari solusi yang terbaik."

Dalam aksi unjuk rasa kemarin, massa pekerja ambulans sempat membandingkan sikap Anies yang menemui massa demo tolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja. "Pak Anies, kenapa massa demo omnibus law ditemui, kami tidak?" ujar salah satu orator dari atas mobil komando.

Orator tersebut juga mempertanyakan alasan Anies menemui para pendemo Omnibus Law namun tak menemui mereka yang notabene merupakan karyawan Pemprov DKI. "Apa karena mereka merusak halte? Kami pegawai AGD DKI, Pak. Dari tadi pagi tidak ada tanda- tanda ditemui," kata orator tersebut.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts