Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo Akan Hadir di Acara GP Ansor Saat Berkunjung ke RI
Nasional

Berdasarkan jadwal yang dirilis Kemlu AS, Menlu Mike Pompeo dijadwalkan melakukan rangkaian kunjungan ke Asia pada 25 Oktober hingga 30 Oktober 2020 mendatang, termasuk ke Indonesia.

WowKeren - Menteri Luar Negeri Amerika Serika Mike Pompeo dilaporkan akan berkunjung ke Indonesia pekan depan. "Sekretaris (Pompeo) akan melakukan perjalanan ke Jakarta untuk menyampaikan sambutan publik dan bertemu dengan mitranya dari Indonesia untuk menegaskan visi kedua negara tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," demikian kutipan keterangan resmi Kementerian Luar Negeri AS, dilansir pada Kamis (23/10).

Dalam kunjungan tersebut, Pompeo tentunya akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Selain itu, Pompeo juga dijadwalkan untuk hadir di acara GP Ansor yang merupakan organisasi masyarakat (ormas) pemuda yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU).

"Selain melakukan pertemuan bilateral dengan saya, Menlu Pompeo juga akan hadir dalam Forum Gerakan Pemuda Ansor mengenai dialog agama dan peradaban," ungkap Menlu Retno dilansir Kumparan pada Jumat (23/10). "Persiapan terus dibahas, termasuk dalam pertemuan saya kemarin dengan Dubes AS yang baru, Duta Besar Sung Y. Kim."

Berdasarkan jadwal yang dirilis Kemlu AS, Pompeo dijadwalkan melakukan rangkaian kunjungan ke Asia pada 25 Oktober hingga 30 Oktober 2020 mendatang. Selain Indonesia, Pompeo juga akan mengunjungi India, Sri Lanka, serta Maladewa.


Menurut Retno, kunjungan Pompeo tersebut menandakan kokohnya kemitraan AS dengan Indonesia. Retno juga menyebut bahwa Indonesia hendak membangun kemitraan yang saling menguntungkan dengan AS.

"AS adalah salah satu mitra penting Indonesia. Indonesia ingin terus membangun kemitraan kokoh yang saling menguntungkan dan saling menghormati dengan AS," terang Retno. "Komitmen kuat peningkatan kemitraan ini tercermin dengan intensifnya saling kunjung pejabat kedua negara, bahkan di masa pandemi."

Sebelum Pompeo, Wakil Menteri Pertahanan AS disebut Retno telah melakukan kunjungan ke Indonesia dan menemuinya. Sebaliknya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto juga telah melakukan kunjungan ke AS.

"Wakil Menhan AS telah berkunjung ke Indonesia dan antara lain melakukan pertemuan dengan saya. Menhan RI telah berkunjung ke AS, delegasi DFC (US International Development Finance Corporation) akan berkunjung ke Indonesia minggu ini, dan Secretary Pompeo akan berkunjung ke Indonesia minggu depan," ungkap Retno. "Saya yakin pembicaraan bilateral saya dengan Secretary Pompeo akan berjalan dengan baik, dan sekali lagi dapat memperkokoh hubungan bilateral kita dengan AS."

Diketahui, kedatangan Pompeo pekan depan merupakan kunjungan keduanya ke Tanah Air. Sebelumnya, Pompeo telah melawat ke Indonesia pada tahun 2018 dan bertemu dengan Retno serta Presiden Joko Widodo.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait