10 Film Horor Terbaik Menurut Penelitian, Siap Bikin Momen Halloween Makin Mencekam
Film

Sebuah penelitian merilis daftar tontonan paling menakutkan sepanjang masa dengan pengamatan detak jantung penonton saat menyaksikan 50 film horor terbaik. Apa saja?

WowKeren - Momen Halloween memang identik dengan hal-hal berbau horor atau menyeramkan. Mulai dari memakai kostum karaker-karakter terkenal, menghias rumah dengan dekorasi menyeramkan khas Halloween, hingga menonton film-film horor untuk menambah suasana mencekam.

Genre horor sendiri tentunya masih menjadi salah satu primadona di kalangan para penikmat film di tengah maraknya sajian bertema sci-fi atau rom-com. Pasalnya tak hanya memancing rasa ketakutan dan ngeri, alur cerita film horor biasanya juga mampu membuat penonton terlarut sampai-sampai merasa dihantui, atau bahkan terbawa mimpi.

Bicara soal film horor, belum lama ini sebuah penelitian ilmiah merilis daftar tontonan paling menakutkan sepanjang masa. Penelitian yang dijuluki "Science of Scare Project" tersebut dilakukan oleh BroadbandChoices, serta melibatkan penelitian dan pengamatan detak jantung peserta yang dilacak saat menonton lebih dari 100 jam film menakutkan.


BroadbandChoices menyeleksi 50 film horor terbaik sepanjang masa dan menayangkannya ke 50 orang dengan usia dan latar belakang budaya berbeda.

Selama menonton film horor, peneliti mengamati ritme jantung setiap responden untuk mengetahui film mana yang paling membuat mereka takut dan tegang. Dari 50 film, didapatlah 35 judul dengan ritme jantung tertinggi, dan 10 besar di antaranya dinobatkan sebagai film paling menakutkan sepanjang masa.

Nah, inilah 10 film horor terbaik menurut penelitian ilmiah yang cocok banget untuk menemani momen Halloweenmu. Apa saja?

(wk/luth)

1. Sinister


Sinister

"Sinister" berada di peringkat pertama dengan 86 BPM (beats per minute). BPM merupakan satuan untuk mengukur jumlah detak jantung per menit.

Pada kondisi normal atau istirahat, ritme jantung manusia umumnya hanya 65 BPM. Berarti saat menonton film 'Sinister' detak jantungnya meningkat hingga 32 persen dari kondisi normal.

Film yang rilis pada 2012 ini juga salah satu yang memiliki adegan jump scare terbaik. Ritme jantung responden meningkat hingga dua kali lipat, mencapai 131 BPM, saat menonton adegan jump scare.

"Sinister" sendiri mengikuti kisah penulis kejahatan Ellison Oswald (Ethan Hawke) yang sedang mengalami masalah. Dia tidak memiliki buku terlaris selama lebih dari 10 tahun dan menjadi semakin putus asa untuk sukses.

Jadi, ketika dia menemukan keberadaan film yang menunjukkan kematian sebuah keluarga, dia bersumpah untuk memecahkan misteri itu. Dia memindahkan keluarganya sendiri ke rumah korban dan mulai bekerja. Tapi, ketika cuplikan film lama dan petunjuk lain mengisyaratkan keberadaan kekuatan supernatural, Ellison mengetahui bahwa tinggal di rumah tersebut rupanya malah berakibat fatal.

2. Insidious


Insidious

Film horor "Insidious" menempati urutan kedua dengan rata-rata detak jantung responden saat menonton film ini mencapai 86 BPM. Lonjakan detak jantung saat adegan jump scare juga tinggi, yakni 133 BPM.

Dirilis pada 2011, film ini menceritakan tentang keluarga Josh Lambert dan Renai yang baru saja pindah ke rumah baru bersama anak-anak mereka. Salah satu dari anak mereka yang bernama Dalton memiliki kemampuan melakukan Astral Projection, suatu keadaan di mana rohnya keluar dari tubuh kemudian pergi ke alam lain yang disebut The Futher.

Roh jahat pun kerap mengganggu dan memberikan teror pada kehidupan keluarga mereka. Tujuannya adalah untuk mengambil alih tubuh Dalton agar si roh jahat bisa kembali hidup. Mereka dihantui oleh roh jahat yang disebut Red-Faced Demon dengan wajah berwarna merah.

3. The Conjuring


The Conjuring

Urutan ketiga ada "The Conjuring" yang meningkatkan detak jantung penonton hingga 85 BPM selama film berlangsung. Sementara lonjakan ritme jantung tertinggi berada di angka 129 BPM.

Film "induk" dari "The Conjuring Universe" ini bisa dibilang sebagai salah satu sajian ciamik yang menjadi favorit para pecinta film horor era millenial. Selain mengangkat kisah nyata tentang pengalaman pasangan demonolog Ed dan Lorraine Warren, "The Conjuring" juga dikenal sebagai salah satu film yang memiliki after effect paling menakutkan bagi para penontonnya.

Film ini mengangkat setting tahun 1971 di Harrisville, Rhode Island, di mana ada pasangan suami istri Peron yang pindah ke sebuah rumah pertanian tua di sana bersama kelima putri mereka. Namun setelah pindah, mereka justru mengalami kejadian mistis yang makin lama makin mengerikan dan meresahkan.

Keluarga Peron pun memanggil Ed dan Lorraine Warren yang dikenal sebagai demonolog untuk membantu mereka. Terungkap, ternyata rumah tersebut dikutuk oleh pemilik sebelumnya.

4. Hereditary


Hereditary

Salah satu film horor dengan plot cerita terbaik, "Hereditary", berada di peringkat keempat dengan rata-rata 83 BPM. Puncak detak jantung tertinggi saat adegan jump scare mencapai 109 BPM.

Proyek garapan sutradara Ari Aster ini dijuluki sebagai film horor paling menyeramkan tahun 2018.

"Hereditary" berkisah tentang Annie, perempuan tertutup dengan banyak rahasia, yang mendapat banyak teror selepas ibunya meninggal. Ia hidup dengan suami dan anak-anaknya. Rumah tangga Annie praktis diuji dengan banyaknya teror yang setiap harinya datang.

Untuk itu, Annie kemudian mencoba mencari tahu misteri di keluarga tersebut. Salah satu misteri tersebut adalah "warisan" yang didatangkan oleh keluarganya di masa lalu. Sialnya, semakin ia berusaha menguak, bahaya yang mengancam justru semakin besar.

5. Paranormal Activity


Paranormal Activity

Film berkonsep mockumentary ini berada di urutan lima dengan skor 82 BPM di daftar 10 film horor terbaik. Adegan jump scare "Paranormal Activity" sanggup membuat ritme jantung para penonton melonjak hingga 127 BPM.

"Paranormal Activity" berkisah tentang pasangan muda yang sering mendapat gangguan supranatural selepas tengah malam menjelang pagi menjelang.

Pasangan muda, Katie dan Micah, pindah ke rumah baru dan Micah merekam aktivitas mereka di kamera videonya. Setelah kejadian aneh di malam hari, Katie mengakui saat masih kecil, dia pernah mengalami kehadiran hantu di kamarnya. Dia merasakan dan sekarang khawatir itu mungkin telah mengikutinya ke tempat baru mereka.

Micah skeptis dan memasang kameranya di kamar mereka untuk merekam aktivitas semalam. Setelah beberapa hari, mereka melihat pintu kamar tidur mereka bergerak dan jelas ada kehadiran di rumah mereka. Dan keadaan pun semakin memburuk.

6. It Follows


It Follows

"It Follows" menjadi salah satu psychological horror dengan plot lambat tapi sanggup membuat para penonton merinding. Berada di urutan enam dengan rata-rata detak jantung 81 BPM selama menontonnya. Adegan jump scare membuat lonjakan hingga 93 BPM.

"It Follows" bercerita tentang Jay Height seorang perempuan berusia 19 tahun-an yang memiliki pacar bernama Hugh. Disuatu malam mereka berdua lalu berhubungan seks, ternyata oh ternyata si Hugh punya misi rahasia dalam menyetubuhi Jay.

7. The Conjuring 2


The Conjuring 2

Sekuel "The Conjuring" ini rupanya kembali berhasil membuat para penonton merasa takut luar biasa. "The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist" tercatat mampu meningkatkan detak jantung hingga 80 BPM dan ritme tertingginya di angka 120 BPM.

serupa dengan "The Conjuring", serial ini kembali menceritakan penyelidikan Ed dan Lorraine Warren. Kali ini keduanya dalam kasus pembunuhan yang dikenal dengan “The Amityville Horror”.

Kemampuan Lorraine untuk berkomunikasi dengan makhluuk supranatural membuatnya turun tangan untuk menjawab teka-teki apakah pembunuhan yang terjadi di Amityville merupakan ulah iblis atau bukan. Saat jiwa Lorraine keluar dari tubuh, saat itulah ia bertemu dengan sosok iblis berwujud biarawati, Valak yang menyeramkan.

Dari Amityville, cerita kemudian berlanjut ke Enfield, Inggris. Di sana tinggal keluarga Hodgson: seorang ibu bernama Peggy dan keempat anaknya. Salah satu anak bernama Janet yang mengalami kejadian aneh di rumah tempat tinggalnya, mulai dari tidur sambil jalan, mendengarkan suara misterius di malam hari, sampai akhirnya kesurupan arwah bernama Bill Wilkins.

8. The Babadook


The Babadook

"The Babadook" menempati posisi ketiga dalam daftar ini. Film psychological horror tersebut mendapatkan skor 80 BPM dengan ritme tertinggi 116 BPM.

Filmnya dibuka dengan sebuah opening slow motion menarik, menampilkan adegan mimpi yang dialami oleh Amelia. Amelia kini merupakan orang tua tunggal setelah sang suami, Oskar, meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan saat mengantar Amelia menuju rumah sakit untuk melahirkan.

Kecelakaan itu merenggut nyawa Oskar, tapi Amelia selamat begitu pula kandungannya. Putera Amelia yang bernama Samuel merupakan seorang anak yang jika dilihat sekilas tidak jauh beda dengan anak-anak kebanyakan. Tapi Samuel punya tingkah laku aneh dan begitu percaya dengan cerita-cerita monster.

Suatu hari Samuel menemukan sebuah buku cerita misterius berjudul Mister Babadook. Tidak seperti buku anak-anak lainnya, buku itu penuh dengan gambar dan narasi menyeramkan tentang Mister Babadook, sosok monster yang mencari mangsa dan tidak akan bisa diusir. Dari situlah awal teror yang dialami Amelia berawal.

9. The Descent


The Descent

Film horor klasik tentang manusia yang diserang makhluk supranatural ini rilis pada 2005. "The Descent" berada dalam daftar dengan skor 79 BPM dan puncak tertinggi detak jantung mencapai 122 BPM.

"The Descent" merupakan sebuah kisah horror yang membawa penelusuran gua menjadi sebuah pertarungan hidup-mati melawan predator aneh yang menjebak para penjelajah.

Film ini menceritakan sekelompok wanita petualang yang melakukan ekspedisi ke dalam gua. Namun mereka tidak menyangka bahwa mereka akan terjebak dalam gua setelah beberapa batu jatuh menutupi gua tersebut dan tidak ada yang dapat menolong mereka.

Mereka mencoba berpencar dan terus berharap dapat menemukan jalan keluar yang lain. Bukan hanya kegelapan yang mereka hadapi, tetapi ada sesautu yang lain bersembunyi dalam kegelapan di dalam bumi.

10. The Visit


The Visit

"The visit" merupakan film misteri berbumbu thriller yang dirilis pada 2015. Rata-rata detak jantung penonton film ini 79 BPM dan tertinggi di 100 BPM saat adegan jump scare.

Film ini bercerita tentang dua remaja kakak-adik, Becca dan Tyler, yang ingin mengunjungi kakek-nenek mereka. Keduanya berencana tinggal selama seminggu di tempat kakek-nenek mereka, yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Kunjungan tersebut akan menjadi pengalaman paling menakutkan bagi mereka.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru