Habib Rizieq Pulang ke RI, Kemenkes Beri Peringatan Ini
Nasional

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengaku tak mempermasalahkan kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia dari Arab Saudi. Namun, mereka memberi peringatan ini kepada Imam Besar FPI tersebut.

WowKeren - Kepulangan Imam Besar Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq ke Indonesia menjadi sorotan sejumlah pihak. Salah satunya Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Mereka mengaku tak mempermasalahkan kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia dari Arab Saudi. Namun, mereka mengingatkan agar Rizieq mematuhi aturan karantina di rumah selama 14 hari seperti WNI yang pulang dari luar negeri lainnya.

"Iya betul berlaku bagi siapapun (tanpa terkecuali)," kata Dirjen P2P Kementerian Kesehatan, M Budi Hidayat, Kamis (5/11). Menurutnya setibanya di RI, Habib Rizieq, seperti WNI dan WNA dari luar negeri lainnya, wajib melakukan test PCR dengan hasil negatif.


"Untuk WNI ataupun WNA (yang diperbolehkan) yang datang dari Luar Negeri diwajibkan telah test PCR dengan hasil negatif (maksimal 7 hari), jika tidak dapat membuktikan telah ditest PCR, maka akan menjalani pemeriksaan swab di fasilitas karantina sampai hasilnya keluar (kurang lebih 3 hari)," paparnya.

Lebih lanjut, Budi menyebut jika hasilnya menunjukan negatif dan tanpa gejala apapun, maka Habib Rizieq, sesuai aturan yang berlaku wajib mengkarantinakan diri selama 14 hari. Menurutnya aturan tersebut sudah sesuai dengan UU no 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Pada pemeriksaan dinyatakan tidak sakit dan tidak ada faktor risiko kesehatan, maka dapat melanjutkan perjalanan dan menjalani karantina mandiri di rumah/tempat tinggalnya selama 14 hari dan menerapkan protokol kesehatan," ujar Budi. "Aturan ini berlaku tanpa terkecuali bagi semua WNI atau WNA yang baru datang dari luar negeri."

Sebelumnya, Habib Rizieq dikabarkan akan tiba di Tanah Air pada Selasa (10/11) pekan depan. Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pun memberikan sambutan untuk kepulangan Imam Besar FPI tersebut.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait