Jelang Lengser, Tingkat Kepuasan Warga Surabaya Terhadap Risma Masih Tinggi
Nasional

Hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) mengungkapkan jika kepuasan warga Surabaya terhadap Wali Kota Risma ada di angka 97 persen. Angka tersebut dinilai nyaris sempurna.

WowKeren - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, survei pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya dilakukan. Namun, terdapat hasil yang mengejutkan mengenai tingkat kepuasaan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Dalam hasil survei tersebut menyebutkan jika kepuasan warga Surabaya terhadap Wali Kota Risma ada di angka 97 persen, alias nyaris sempurna, hingga disebut pengamat bahwa Risma itu seolah sempurna layaknya malaikat.

Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) mengumumkan hasil survei mereka terhadap dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya yang digelar beberapa waktu lalu. "Hasilnya, pasangan Eri Cahyadi-Armuji (Erji) unggul 48,5 Persen, sedangkan Machfud Arifin-Mujiaman (Maju) 37,3 persen, yang belum menentukan pilihan 14,2 Persen," ujar Direktur riset Deni Irvani dilansir Jurnal Gaya RRI, Jumat (27/11).

Selain survei terhadap pasangan calon, SMRC juga melakukan survei terhadap kepuasan masyarakat kepada kinerja Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Risma disebutkan berada pada angka 97 persen. Hal ini dianggap ikut mengerek popularitas serta elektabilitas Paslon Erji.


Menanggapi hasil survei dari SMRC itu, pengamat politik dari Universitas Airlangga Suko Widodo mengaku agak heran. Terutama pada kepuasan terhadap Wali Kota Risma yang dia anggap mendekati sempurna. "Ini yang saya agak heran. Segitunya ya? Agak mengherankan kepuasannya itu," ujarnya.

Suko menilai jika angka tersebut benar-benar ada maka menganggap Risma sudah selevel dengan malaikat yang tak pernah salah. Padahal hasil survei dari penelitian lembaga Surabaya Survey Center (SSC) tentang kepuasan terhadap Risma di tahun 2019 ada di angka 78,4 persen.

Menurut Suko, agak jarang sekali kepuasan tinggi. "Jika kepuasan tinggi itu memang masuk akal? Tapi apakah benar kepuasaanya segitu dan cara mengukur kepuasan seperti apa. Jadi banyak yang kita butuhkan klarifikasi dan pendalaman," lanjutnya.

Sekedar informasi, survei SMRC dilakukan pada 11-18 November 2020 tersebut, menggunakan 820 responden yang tersebar di seluruh kecamatan di Surabaya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait