Pemerintah Mau Pangkas Libur Panjang Akhir Tahun, Berapa Hari?
Nasional

Berkaca dari kejadian-kejadian sebelumnya, pemerintah berencana untuk memangkas libur panjang agar tidak membuat kasus COVID-19 di Tanah Air melonjak.

WowKeren - Pemerintah tengah berencana untuk memotong hari libur panjang akhir tahun mendatang. Hal ini berkaitan dengan upaya pencegahan lonjakan kasus.

Seperti diketahui, rentetan liburan panjang Oktober lalu turut menjadi penyebab melonjaknya kasus di Indonesia beberapa waktu belakangan. Sehingga berkaca dari pengalaman ini maka pemerintah berniat memangkas jumlah hari libur.

Kendati demikian, masih belum diketahui berapa hari yang akan dipotong. "Pada prinsipnya Satgas terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat kementerian/lembaga terkait keputusan libur akhir tahun 2020," kata Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam siaran pers, Kamis (26/11).

Apapun keputusan pemerintah nantinya, ia yakin jika hal itu adalah demi mengutamakan keselamatan rakyat. Di masa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat tidak boleh lengah dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.


"Masyarakat harus belajar dari libur panjang bulan-bulan sebelumnya," lanjut Wiku. "Seperti pada periode libur panjang Idul Fitri, hari Kemerdekaan Indonesia, dan libur pada akhir Oktober-awal November."

Rencana pemerintah ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran di kalangan para pengusaha, khususnya hotel dan restoran. "Satgas juga memahami kondisi pelaku usaha di sektor pariwisata di tengah pandemi COVID-19 ini terutama mendekati akhir tahun," ucap Wiku.

Sedianya, pemerintah akan membahas perihal liburan panjang dalam Rapat Tingkat Menteri yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi hari ini. Namun rupanya, rapat belum membuahkan hasil.

"Hari ini belum diputuskan," ujar Sekretaris Jenderal Kemenpan RB Dwi Wahyu Atmaji dilansir detikcom, Jumat (27/11). Rapat ini rencananya akan dilanjutkan lagi pekan depan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait