Luhut Bongkar Kepulangan Habib Rizieq Bikin Turis Asing Takut Ke Indonesia
Nasional

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kepulangan Habib Rizieq Shihab ikut terdengar sampai luar negeri dan buat turis asing takut berkunjung ke Indonesia.

WowKeren - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyinggung kehebohan yang ditimbulkan oleh kepulangan Habib Rizieq Shihab dari Arab Saudi ke Indonesia. Luhut membeberkan riuhnya kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu bahkan terdengar sampai luar negeri.

Hal itu disampaikannya saat menutup acara Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Ia mengatakan hebohnya massa yang menyambut kepulangan Rizieq di bandara telah membuat turis asing takut berkunjung ke Indonesia.

Luhut menjelaskan situasi yang timbul akibat kepulangan Rizieq membuat turis asing merasa tidak aman untuk datang ke Indonesia. Menurutnya, ada sejumlah faktor utama yang kerap diperhatikan turis yang ingin berwisata. Diantaranya adalah kebersihan, keamanan, hingga keramahtamahan budaya yang perlu dijaga.

"Jadi dia mesti datang rasa aman. Kalau dia tidak ada rasa aman itu repot," kata Luhut dalam Rakornas Percepatan Pengembangan Lima DPSP seperti dilansir dari Detik, pada Jumat (27/11). "Tadi saya bisikan sama Pak Sofyan, ya kalau kita demo, seperti kemarin ada pulang dari anu. Terus gitu, orang bilang ngapain gue datang ke situ."


Situasi yang ditimbulkan oleh Habib Rizieq pun disayangkan Luhut. Apalagi, ia mengatakan pemerintah saat ini sedang berupaya keras untuk mengembangkan industri pariwisata Indonesia yang sedang terhantam pandemi virus corona. Salah satunya adalah dengan mendorong pengembangan 5 destinasi pariwisata super prioritas.

"Mungkin para pemimpin tidak sadar bahwa apa yang dia lakukan itu mendistorsi apa yang sedang kita kerjakan sekarang," terang Luhut. "Jadi kita jangan menurut saya membuat suasana-suasana mencekam, yang nggak bagus."

Luhut pun membeberkan kabar keriuhan tentang kepulangan Habib Rizieq itu terdengar sampai negara lain, bahkan Amerika Serikat (AS). Tak sembarang bicara, Luhut bisa mengetahuinya karena beberapa waktu lalu ia baru saja melakukan kunjungan kerja ke AS dan bertemu Presiden Donald Trump.

"Jadi kemarin waktu saya di Amerika itu ada pertanyaan bagaimana keamanan Indonesia," papar Luhut. "Dan ada tulisan dimana itu di surat kabar di Amerika kalau nggak keliru mengenai keadaan waktu itu."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait