Gunung Semeru Meletus, Penerbangan di Jatim Masih Aman?
Nasional

Gunung Semeru yang meletus dan mengeluarkan awan panas hingga 1,5 kilometer pada Selasa (1/12) dini hari tadi. Lantas, bagaimana nasib penerbangan di sejumlah wilayah di Jawa Timur?

WowKeren - Gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas hingga 1,5 kilometer pada Selasa (1/12) dini hari tadi. Warga Lumajang terutama yang berada di sekitar lereng gunung mengaku mendengar suara letusan dan gemuruh serta petir, saat Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas.

"Kalau letusannya terdengar besar dua kali disertai gemuruh dan petir. Warga sempat takut. Setelah itu hujan abu vulkanik," ujar Nia, warga Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang dilansir detikcom, Selasa (1/12).

Sementara awan panas tersebut mengarah ke wilayah Curah Koboan, Kecamatan Pronojiwo. Selain awan panas, Gunung Semeru juga mengalami guguran lava.

"Dari data PGA Semeru teramati satu kali awan panas guguran serta guguran lava dengan jarak luncur 1000-1500 meter ke arah curah kobokan," ujar Kapolsek Pronojiwo, Iptu Rachmad.


Meski Gunung Semeru meluncurkan awan panasnya, penerbangan di Bandara Abdulrachman Saleh Malang dan Juanda Surabaya masih aman. Humas Bandara Juanda Yuristo Ardhi mengatakan, kondisi penerbangan masih normal.

Artinya, belum ada dampak yang signifikan akibat meletusnya Gunung Semeru. "Sekarang masih normal belum ada yang terdampak. Bahkan di bandara terdekat dengan Semeru yaitu bandara di Malang belum terdampak," kata Yuris, Selasa (1/12).

Yuris menyampaikan, arah mata angin tidak mengarah ke Juanda. Oleh karena itu penerbangan masih bisa dilakukan. "Kalau dilihat dari arah anginnya memang nggak ngarah ke Juanda," ujarnya.

Penerbangan juga tidak dibatalkan, bahkan hingga pagi tadi masih berjalan seperti biasa dan tidak ada yang ditunda. "Tidak ada penerbangan yang dibatalkan. Penerbangan masih dilakukan, normal," jelasnya.

Untuk perkembangan selanjutnya terkait dampak meletusnya Gunung Semeru, Yuris akan menyampaikannya nanti. "Nanti kami update kalau ada perkembangan," pungkasnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait