Heboh Foto Hasil Tes Corona Habib Rizieq Positif, PA 212 Sebut Hoaks
Nasional
Polemik Tes Swab Habib Rizieq

Sebelumnya, Habib Rizieq mengaku sudah melakukan tes swab mandiri melalui MER-C. Namun Habib Rizieq membuat surat pernyataan yang menyebutkan bahwa ia tidak mau mengungkapkan hasil tesnya tersebut.

WowKeren - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq diketahui enggan mempublikasikan hasil tes swab yang telah dijalaninya. Namun, foto hasil labotatorium tes swab dengan nama pasien Muhammad R Shihab beredar melalui pesan WhatsApp.

Dalam foto yang beredar, tertulis tanggal tes swab 27 November 2020 pukul 12.00. Kemudian tanggal validasi hasil 28 November 2020 pukul 16.00. Hasil tersebut dicetak pada waktu yang sama dengan tanggal validasi.

Nama perusahaan yang tercantum adalah MER-C, dan dokter yang mengirimkan ialah dr Arif Rahman. Hasil laboratorium tersebut menunjukkan bahwa pasien itu dinyatakan positif corona (COVID-19).

Persaudaraan Alumni (PA) 212 lantas buka suara terkait foto tersebut. Menurut Ketua PA 212 Slamet Maarif, isi foto tersebut tidaklah benar.


"Hoaks," tutur Slamet dilansir Kumparan pada Rabu (2/12). Meski demikian, Slamet tidak menjelaskan lebih jauh soal tes swab yang telah dijalankan oleh Habib Rizieq.

Sebelumnya, Habib Rizieq mengaku sudah melakukan tes swab mandiri melalui MER-C. Namun Habib Rizieq membuat surat pernyataan yang menyebutkan bahwa ia tidak mau mengungkapkan hasil tesnya tersebut.

"Dengan ini saya tidak mengizinkan siapa pun untuk membuka informasi mengenai hasil pemeriksaan medis saya dan hasil swab," demikian kutipan surat pernyataan yang ditandatangani Habib Rizieq pada 28 November 2020 lalu. "Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya dalam keadaan sehat. Untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya."

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya terus berusaha untuk meminta hasil tes swab Habib Rizieq. Pemkot Bogor juga telah melayangkan surat kepada Rumah Sakit Ummi Kota Bogor tempat Habib Rizieq sebelumnya dirawat.

"Pemkot, satgas, kemarin menyurati Rumah Sakit UMMI meminta beberapa hal termasuk di dalamnya meminta kronologis pasien atas nama Habib Rizieq Shihab," tutur Bima Arya pada Selasa (1/12). "Di situ tentunya kita harapkan ada penjelasan status beliau seperti apa, bagian dari itu (hasil tes swab). Sampai saat ini satgas belum menerima hasil swab."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts