Sumber Tekanan Magma Dekati Puncak, Gunung Merapi 'Kritis'
Nasional

Berdasarkan hasil pengamatan dengan analisis foto yang diambil dengan satelit, terlihat adanya penggembungan yang cukup luas di bagian puncak Gunung Merapi.

WowKeren - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat perkembangan aktivitas vulkanis Gunung Merapi. Saat ini, tekanan magma kian mendekati arah puncak.

Selain itu, tekanan magma juga kian menguat. Hal tersebut berdasarkan pemantauan yang dilakukan dengan sejumlah metode. Staf BPPTKG, Nurnaning Aisyah, mengatakan jika perkembangan itu terjadi secara berkelanjutan berdasarkan pemantauan metode Distance Electronic Measurement (EDM).

"Sudah terjadi inflasi jarak tekanan yang menyebabkan jarak tunjam. Dari baseline (kurva data) EDM," kata dia, Rabu (2/12). "Saat terjadi percepatan, kami menduga ada perjalanan magma dari bagian dalam menuju permukaan."

Jarak tekanan magma kian dangkal. Jika beberapa pekan lalu masih berada pada kedalaman 5,9 kilometer di bawah puncak maka saat ini sudah mencapai 1,3 kilometer.


"Kemungkinan sesuai dengan prediksi kami, telah terjadi migrasi," sebut Nurnaning. "Juni sampai pertengahan Oktober sumber tekanan di bawah. Sekarang, lokasi sumber tekanan berada di lokasi relatif dangkal dibanding sebelumnya."

Kesimpulan ini diperkuat dengan pemantauan yang dilakukan menggunakan GPS. Selain itu, berdasarkan hasil pengamatan dengan analisis foto yang diambil dengan satelit, terlihat adanya penggembungan atau pengangkatan yang cukup luas di bagian puncak Gunung Merapi. Hal ini diduga berkaitan dengan aktivitas magma yang terus mendorong ke permukaan.

"Area yang dialieniasi kuning dalam gambar data kami menunjukkan terjadi penggembungan atau pengangkatan dengan luasan 100.000 meter persegi," ujarnya menambahkan. "Ini sesuai dengan hasil EDM. Ada migrasi magma dari dalam ke lokasi dangkal."

Singkat kata, aktivitas Merapi kian tinggi sehingga perlu konsistensi dalam mitigasi bencana. "Ini kondisi kritis atas aktivitas Gunung Merapi. Pesan kami masyarakat tetap konsisten mitigasi menghadapi erupsi Merapi," ujarnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait