Jurus Ahok Majukan Pertamina: Cuan, Cengli, Dan Cincai
Nasional

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memiliki 3 prinsip yang dikenal di Tiongkok yang terus dibawanya, termasuk dalam pekerjaannya di Pertamina.

WowKeren - Komisiaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok selalu menerapkan prinsip 3C dalam hidupnya. Prinsip 3C itu kini juga diterapkan Ahok untuk memajukan Pertamina yang saat ini tengah diawasinya.

Ahok menjelaskan prinsip 3C itu dikenal di Tiongkok. Artinya adalah cuan, cengli, dan cincai. Ketiga prinsip itu diterapkan di Pertamina oleh Ahok sebagai daya tarik untuk menggaet investor.

”Ada prinsip 3C yang biasanya orang Tiongkok sebut,” kata Ahok dalam diskusi panel di International Oil and Gas Convention seperti dilansir dari Kumparan, Rabu (2/12). “Cuan, Cengli, dan Cincai. Ini merupakan prinsip semua investor untuk berinvestasi. Ini yang harusnya bisa kita jawab.”

Mantan Bupati Belitung ini menerangkan cuan berartinya profit atau untung. Prinsip cuan ini dinilai Ahok selalu dicari oleh investor saat mempertimbangkan ingin melakukan bisnis, termasuk ke Pertamina.


Prinsip kedua adalah cengli, yang berarti keterbukaan atau fairness. Kemudian prinsip ketiga adalah cincai, dimana prinsip ini maksudnya adalah kemudahan atau fleksibilitas saat berkompromi.

Menurut Ahok, Pertamina selalu menyiapkan rencana pengembangan proyek. Salah satu contohnya adalah pembaharuan kilang-kilang di dalam negeri.

Ahok menyebut jika Pertamina tidak bisa berkembang sendiri tanpa melakukan kerja sama. Diperlukan kerja sama dengan pihak swasta untuk menjalankan proyek-proyek tersebut.

Lebih lanjut Ahok menjelaskan Pertamina selalu membuka diri untuk kerja sama dengan pihak lain, termasuk kemitraan dengan kontraktor asing di blok-blok migas. Ia berharap kerja sama ini tidak hanya menguntungkan Pertamina semata, namun juga bisa meningkatkan geliat bisnis hulu migas di Indonesia.

Oleh sebab itu, Ahok meyakini prinsip yang dibawanya sejalan dengan visi dan misi Pertamina. “Cuan, kita butuh untung, win-win solution, dan kemudian cincai sangat sederhana, tidak perlu banyak bicara,” pungkasnya.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts