MUI Ajak Umat Taubat dan Perbaiki Diri Jelang Tahun Baru 2021
Nasional

Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH M Cholil Nafis juga mengajak masyarakat untuk tetap optimis meski pandemi corona masih membayangi tahun 2021.

WowKeren - Tak terasa tahun 2020 akan segera berakhir. Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH M Cholil Nafis lantas mengajak setiap umat Muslim untuk menjadikan momen Tahun Baru 2021 sebagai renungan atas bertambahnya umur dan semakin dekatnya kepada kematian untuk mempertanggungjawabkan segala amal perbuatan kepada Allah.

Menurut Kiai Cholil, pergantian tahun akan lebih bermakna dengan mengevaluasi diri dari segala kesalahan yang pernah diperbuat. Kiai Cholil juga mengajak umat Islam untuk bertaubat dan memohon pertolongan Allah agar pandemi virus corona (COVID-19) dapat segera berakhir.


"Maka kita taubat dari seluruh kesalahan kesalahan itu. Dan kita tingkatkan pada 2020 pada berupa kebaikan-kebaikan, sehingga kita menjadikan hari esok lebih baik dari pada hari ini. Dan hari ini lebih baik dari hari kemarin. Karenanya kita perlu bikin resolusi 2021 apa yang hendak kita capai," tutur Kiai Cholil dilansir Republika, Rabu (30/12). "Apa yang hendak kita raih, menentukan tujuan kemudian kita lakukan bagaimana cara-cara mencapainya. Tapi ingat semua dengan keiskhlasan dan semua cita-cita itu adalah untuk kita tanam yang kelak akan dipetik dihadapan Allah di akhirat nanti."

Selain itu, Kiai Cholil juga mengajak masyarakat untuk tetap optimis meski pandemi corona masih tetap membayangi tahun 2021. Menurutnya, masyarakat kini telah mulai terbiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup baru di masa pandemi. Oleh sebab itu, Kiai Cholil berharap seluruh masyarakat Indonesia terus melangkah dan bisa memberikan manfaat kebaikan untuk sesama di tahun 2021 mendatang.

"Mudah-mudahan kita bisa memperbaiki diri di 2021. Saat pandemi sekarang ini barangkali kita sudah punya cara dan sudah terbiasa dengan kehidupan yang baru ini, beberapa hal sudah kita lakukan, perubahan-perubahan seperti halnya interaksi sosial dan juga pola kerja kita," jelas Kiai Cholil. "Oleh karena itu di 2021 tentu adalah cara baru hidup kita meraih sukses, cara baru kita melakukan kebaikan, memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait