Bakal Terima Vaksin COVID-19 Sinovac? Siap-Siap Jawab 16 Pertanyaan Ini
Government of the State of Sao Paulo/Divu
Nasional

Kemenkes menerbitkan Juknis Vaksinasi COVID-19 yang mencantumkan pula tabel skrining penerima vaksin dengan 16 pertanyaan. Apa saja? Ini informasi selengkapnya.

WowKeren - Vaksinasi COVID-19 dengan produk yang dikembangkan Sinovac Biotech Ltd., asal Tiongkok siap dilakukan dalam bulan ini. Dan menjelang pelaksanaannya, Kementerian Kesehatan pun menerbitkan draf final petunjuk teknis vaksinasi COVID-19 tertanggal 2 Januari 2021.

Mulai dari aspek distribusi sampai pelaksanaan diatur dalam juknis tersebut. Salah satunya perihal proses skrining yang wajib dilakukan sebelum vaksinasi COVID-19 yang melibatkan hingga 16 pertanyaan. Apa saja?

Sebelum masuk kepada 16 pertanyaan yang diajukan di tabel skrining, peserta vaksinasi akan dimintai keterangan berupa nama, umur, dan NIK. Lalu setelahnya petugas vaksinasi akan memeriksa suhu tubuh yang bersangkutan serta tekanan darahnya.


Lalu setelahnya penerima vaksin akan dihadapkan dengan tabel berisi 16 pertanyaan seperti berikut ini:

  1. Apakah Anda pernah terkonfirmasi menderita COVID-19?
  2. Apakah Anda sedang hamil atau menyusui?
  3. Apakah Anda mengalami gejala ISPA seperti batuk/pilek/sesak napas dalam 7 hari terakhir?
  4. Apakah ada anggota keluarga serumah yang kontak erat/suspek/konfirmasi/sedang dalam perawatan karena penyakit COVID-19
  5. Apakah Anda memiliki riwayat alergi berat atau mengalami gejala sesak napas, bengkak dan kemerahan setelah divaksinasi COVID-19 sebelumnya? (pertanyaan untuk vaksinasi ke-2)
  6. Apakah Anda sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah?
  7. Apakah Anda menderita penyakit jantung (gagal jantung/penyakit jantung coroner)?
  8. Apakah Anda menderita penyakit Autoimun Sistemik (SLE/Lupus, Sjogren, vaskulitis, dan autoimun lainnya)?
  9. Apakah Anda menderita penyakit ginjal? (penyakit ginjal kronis/sedang menjalani hemodialysis/dialysis peritoneal/transplantasi ginjal/sindroma nefrotik dengan kortikosteroid)
  10. Apakah Anda menderita penyakit Reumatik Autoimun/Rhematoid Arthritis?
  11. Apakah Anda menerita penyakit saluran pencernaan kronis?
  12. Apakah Anda menderita penyakit Hipertiroid/hipotiroid karena autoimun?
  13. Apakah Anda menderita penyakit kanker, kelainan darah, imunokompromais/defisiensi imun, dan penerima produk darah/transfusi?
  14. Apakah Anda menderita penyakit Diabetes Melitus?
  15. Apakah Anda menderita HIV?
  16. Apakah Anda memiliki penyakit paru (asma, PPOK, TBC)?

Ke-16 pertanyaan ini rupanya berkaitan dengan rekomendasi PAPDI soal penerima vaksin dengan penyakit komorbid. Rekomendasi PAPDI selengkapnya bisa dibaca di sini.

Dari pertanyaan itu ada sejumlah indikator yang mesti dipenuhi. Seperti misalnya penerima vaksin harus bersuhu tubuh kurang dari 37,5 derajat Celsius, tekanan darah di bawah 140/90, kemudian tidak boleh ada jawaban Ya sama sekali di pertanyaan nomor 1-13.

Untuk penderita DM tipe 2 boleh divaksin jika terkontrol dan HbA1C-nya di bawah 7,5 persen. Lalu penderita HIV boleh divaksin jika CD4 di atas 200, serta vaksinasi wajib ditunda sampai kondisi pasien terkontrol baik apabila ada jawaban Ya pada salah satu pertanyaan di nomor 16.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru