Jokowi Disuntik Vaksin COVID-19 Bakal Disiarkan Live, Istana: Prosesnya Gak Sembarangan
Nasional

Suntikan pertama vaksin COVID-19 di Indonesia akan diberikan ke Presiden Jokowi. Istana menjelaskan jika proses vaksinasi ini akan disiarkan secara live.

WowKeren - Presiden Joko Widodo akan menjadi penerima vaksin virus corona pertama di Indonesia. Ia dijadwalkan bakal menjalani vaksinasi COVID-19 pada Rabu (13/1) mendatang dengan vaksin asal perusahaan Tiongkok, Sinovac.

Proses penyuntikkan vaksin corona bagi orang nomor satu di Indonesia itu akan disiarkan secara live agar masyarakat bisa menyaksikannya. Hak ini diharapkan dapat membuat warga percaya dengan keamanan vaksin COVID-19.

"Iya. Biar masyarakat bisa lihat langsung memberikan semangat bisa dilanjutkan ke daerah daerah juga ikut," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono kepada wartawan seperti dilansir dari Suara, Selasa (5/1). "Minimal provinsi kota kota besar juga ikut melanjutkan."

Lebih lanjut Heru menjelaskan mekanisme vaksinasi kepada Jokowi akan dibahas pada Jumat (8/1) pekan ini. Ia menegaskan tata cara pemberian vaksin virus corona bagi Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak bisa dilakukan secara sembarangan.


Selain Jokowi, nantinya juga akan ada perwakilan lain dari pemerintahan yang ikut divaksin. Sebelumnya Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi telah menyebut jika menteri-menteri di kabinet Indonesia Maju juga akan disuntik vaksin setelah Jokowi. Namun, pihak Istana menyatakan masih akan mendiskusikan terlebih dahulu mengenai hal tersebut.

"Iya (Rabu/13 Januari, Presiden Jokowi suntik vaksin). Dan tata cara prosesnya akan dibahas pada Jumat ini," jelas Heru. "Jadi siapa saja mungkin ada perwakilan yang lain dan prosesnya kan enggak sembarang langkah-langkahnya. Hari Jumat kita bahas siapa saja, dari perwakilan masyarakat, TNI nanti Jumat dibahas."

Sebelumnya, Menkes Budi Gunadi mengumumkan jadwal vaksinasi COVID-19 di 34 provinsi Tanah Air akan dilakukan mulai 14 Januari hingga 15 Januari. Sedangkan suntikan pertama vaksin virus corona akan pertama diberikan kepada Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/1) mendatang.

"Penyuntikkan pertama akan dilakukan pada Rabu depan (13/1), di Jakarta, oleh Bapak Presiden," kata Budi dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Vaksinasi COVID-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (5/1) seperti dikutip dari keterangan pers Kementerian Dalam Negeri. "Kalau ada tokoh kesehatan atau figur dokter yang berpengaruh, misalnya, untuk diikutsertakan."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru