Mensos Risma Bertemu Tunawisma di Sudirman-Thamrin, Anies Baswedan Minta Kadinsos Cek
Nasional

Sebelumnya, Menteri Sosial (Mensos) Risma sempat bertemu dengan tiga orang gelandangan kala blusukan menyusuri jalur pedestrian di Jalan Thamrin pada Senin (4/1) lalu.

WowKeren - Menteri Sosial Tri Rismaharini rajin blusukan dan menemui tunawisma atau pemulung di DKI Jakarta. Dalam satu kesempatan, Risma bertemu dengan beberapa tunawisma di sekitar kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun mengaku baru pertama kali mendengar ada tunawisma di kawasan Sudirman-Thamrin. "Terkait dengan adanya tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin, memang saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur 4 tahun baru dengar ada tunawisma di Jalan Sudirman Thamrin," tutur Riza pada Rabu (6/1).

Oleh sebab itu, Riza dan Gubernur DKI Anies Baswedan langsung memerintahkan jajaran untuk mengecek temuan Mensos Risma tersebut. Namun, Riza juga mengakui memang ada tunawisma di wilayah lain di DKI Jakarta.


"Kami, saya, Pak Gubernur memerintahkan langsung Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ. Setahu kami jalan ke Jalan Sudirman-Thamrin itu cukup jauh," ungkap Riza. "Kalau ada di pinggiran-pinggiran, ada betul. Kalau ada di kolong jembatan, betul masih ada. Di seluruh Indonesia, di kota, ada orang yang belum memiliki rumah, mencari tempat berteduh tinggal di tempat yang paling baik dan paling enak, di antaranya tempat yang paling enak bagi tunawisma adalah di kolong jembatan, kalau kita ke kota-kota di seluruh Indonesia bahkan, mana mungkin, di negara lain juga ada tunawisma yang memang tinggal berteduh di kolong-kolong jembatan."

Riza juga menjelaskan bahwa Pemprov DKI menyambut baik kegiatan blusukan yang kerap dilakukan Risma. Ia menilai hal tersebut telah sesuai dengan tugas Risma sebagai Mensos untuk melihat langsung kondisi masyarakat di lapangan.

"Kami sampaikan, kami mengapresiasi menyambut baik Bu Risma," kata Riza. "Mensos yang blusukan sebagai pimpinan melihat langsung ke lapangan, suasana situasi dan kondisi sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing."

Sebelumnya, Risma bertemu dengan tiga orang gelandangan kala blusukan menyusuri jalur pedestrian di Jalan Thamrin pada Senin (4/1) lalu. Risma lantas mengajak mereka untuk tinggal di tempat penampungan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru