Terungkap, Jokowi Nilai PPKM Tahap Pertama Tak Efektif Karena Ini
Twitter/jokowi
Nasional

Hal ini disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Bogor pada Jumat (29/1) pekan lalu, namun video ratas tersebut baru diunggah pada Minggu (31/1) kemarin.

WowKeren - Presiden Joko Widodo menilai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap pertama pada 11-25 Januari 2021 lalu tidak efektif. Hal ini disampaikan dalam rapat terbatas di Istana Bogor pada Jumat (29/1) pekan lalu, namun video ratas tersebut baru diunggah pada Minggu (31/1) kemarin.

Jokowi membeberkan mengapa dirinya menilai PPKM tahap pertama tak efektif. "Saya ingin menyampaikan yang berkaitan dengan PPKM tanggal 11 Januari-25 Januari. Kita harus ngomong apa adanya, ini tidak efektif. Mobilitas masih tinggi karena index mobility-nya ada. Di beberapa provinsi, COVID-nya masih naik," papar sang Presiden.

Menanggapi situasi tersebut, Jokowi pun memberikan sejumlah arahan baru kepada jajarannya. Salah satunya adalah dengan meminta Menteri Koordinator (Menko) untuk mengajak pakar epidemiologi sebanyak-banyaknya dalam membuat desain kebijakan PPKM yang komprehensif.

Adapun Menko yang hadir dalam ratas tersebut adalah Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. "Saya ingin menko ajak sebanyak-banyaknya pakar epidemiologi, sehingga dalam mendesain kebijakan itu betul-betul bisa lebih komprehensif," tutur Jokowi.


Menurut Jokowi, implementasi PPKM saat ini tak tegas dan tak konsisten. Adapun esensi PPKM untuk membatasi mobilitas masyarakat justru tidak terlihat.

"Sebetulnya esensi PPKM ini kan membatasi mobilitas, namanya saja kan pembatasan kegiatan masyarakat," jelas Jokowi. "Tetapi yang saya lihat, di implementasinya ini kita tidak tegas dan tidak konsisten. Ini hanya masalah implementasi."

Oleh sebab itu, Jokowi meminta jajarannya untuk turun langsung ke lapangan agar masyarakat memahami betul soal protokol kesehatan 3M. "Sehingga saya minta betul-betul turun ke lapangan, ada di lapangan, tapi juga siap dengan cara-cara yang lebih praktis dan sederhana agar masyarakat tahu apa 3M itu," terang Jokowi.

Sementara itu, penggunaan masker masyarakat juga sempat disoroti oleh Jokowi. "Siapin juga masker yang memiliki standar-standar yang bener. Sehingga masyarakat yang enggak pakai langsung diberi, pakai, diberi tahu," kata Jokowi.

Jokowi mengakui bahwa cara tersebut memang sederhana, namun perlu diimplementasikan langsung di lapangan. "Ini harus kerja sesimpel mungkin, sesederhana mungkin, tapi ada di lapangan," ujar Jokowi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru