Lebih Aman Olahraga di Ruangan, Ketahui 7 Manfaat Sepeda Statis untuk Kesehatan
pexels.com/Ivan Samkov
Health

Tak perlu berkeliling ke jalan raya untuk mengambil rute, berolahraga menggunakan sepeda statis bisa kamu lakukan di dalam ruangan dengan santai dengan waktu yang lebih fleksibel.

WowKeren - Olahraga menjadi aktivitas wajib yang dilakukan untuk bisa mendapatkan gaya hidup yang sehat. Ada berbagai macam jenis olahraga yang bisa dilakukan, baik di luar ruangan atau pun di dalam ruangan. Masing-masing olahraga juga pada umumnya memiliki karakteristik tertentu untuk menunjang kebugaran otot tubuh.

Namun bagi sebagian orang, terutama yang hidup di kota-kota besar dan sulit menemukan taman atau lahan yang pas untuk berolahraga, maka olahraga indoor bisa menjadi solusinya. Olahraga indoor juga ada yang bisa dilakukan dengan bantuan alat maupun tidak.

Salah satunya adalah olahraga dengan menggunakan sepeda statis. Tak perlu berkeliling ke jalan raya untuk mengambil rute, kamu bisa melakukan olahraga ini di dalam ruangan dengan santai. Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja dan memiliki beragam manfaat. Seperti berikut ini contohnya.

(wk/zodi)

1. Baik untuk Latihan Kardio


Baik untuk Latihan Kardio
pexels.com/mahmood sufiyan

Sudah menjadi rahasia umum jika mengayuh sepeda adalah cara terbaik untuk memompa jantung. Latihan kardiovaskular menggunakan sepeda bisa memperkuat jantung, paru-paru, dan juga otot. Tak hanya itu, bersepeda juga akan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Bersepeda statis juga bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh yang mana pada akhirnya upaya ini akan berdampak pada peningkatan memori dan fungsi otak, sistem kekebalan tubuh, hingga kualitas tidur yang lebih baik. Bersepeda juga secara tidak langsung akan menurunkan stres dan memperbaiki suasana hati.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan


Membantu Menurunkan Berat Badan
pexels.com/Ketut Subiyanto

Salah satu manfaat olahraga yang paling banyak dikejar adalah membakar kalori. Diet untuk menurunkan berat badan pun akan semakin maksimal jika dibarengi dengan olahraga yang teratur. Begitu juga dengan bersepeda statis.

Tergantung pada intensitas latihan dan berat badanmu, tidak menutup kemungkinan kamu bisa membakar lebih dari 600 kalori per jam dengan berolahraga menggunakan sepeda statis. Selain itu, latihan sepeda statis bisa dilakukan di dalam ruangan sehingga kamu bisa membuat jadwal yang fleksibel untuk menurunkan berat badan dengan membakar lebih banyak kalori.

3. Lebih Aman dari Bersepeda Outdoor


Lebih Aman dari Bersepeda Outdoor
pexels.com/Brett Sayles

Dibanding dengan aktivitas bersepeda di luar ruangan, berolahraga menggunakan sepeda statis relatif lebih aman. Sebab meskipun bersepeda di luar ruangan adalah cara yang bagus untuk berolahraga namun ada bahaya lain yang mengintai seperti pengendara lain yang lalai atau kondisi jalan yang licin.

Selain itu jika cuaca buruk, bukan tidak mungkin hal itu akan mengurungkan niatmu untuk pergi keluar bukan? Sebaliknya, dengan memiliki sepeda statis di rumah kamu bisa tetap melakukan olahraga terlepas dari kondisi cuaca di luar.

4. Opsi Olahraga Minim Risiko


Opsi Olahraga Minim Risiko
pexels.com/Kamaji Ogino

Dibanding olahraga lain, sepeda statis juga bisa menjadi opsi untuk melakukan olahraga yang minim risiko. Olahraga ini menggunakan gerakan halus untuk memperkuat tulang dan sendi tanpa harus memberikan tekanan yang besar.

Dengan kata lain, olahraga satu ini menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang menderita masalah sendi dan otot. Karena kaki tidak terangkat dari pedal, maka sepeda statis bisa menjadi pilihan yang lebih ramah dengan tetap memberikan latihan yang efektif dan menantang.

5. Efektif Membakar Lemak


Efektif Membakar Lemak
pexels.com/Karolina Grabowska

Melakukan olahraga dengan sepeda statis sangat mampu untuk membakar lemak. Berolahraga dengan intensitas yang tinggi dapat membantu membakar kalori dan membangun kekuatan, yang mana pada akhirnya hal ini akan menyebabkan hilangnya lemak.

Melansir Health Line, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 silam menemukan jika bersepeda di dalam ruangan efektif mengurangi berat badan jika dikombinasikan dengan diet rendah kalori. Selain itu, gabungan dua gaya hidup sehat ini juga efektif menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

6. Menguatkan Otot Kaki dan Sekitarnya


Menguatkan Otot Kaki dan Sekitarnya
pexels.com/Pixabay

Berolahraga dengan menggunakan sepeda statis tak hanya bisa menguatkan otot-otot kakimu, namun juga tubuh bagian bawah. Saat mengayuh, otot-otot di sekitar betis, paha belakang, dan paha depan akan menjadi lebih kuat apalagi jika kamu melakukannya secara rutin.

Jika kamu menggunakan sepeda yang juga memiliki pegangan, maka kamu bisa mendapatkan benefit lebih. Sebab tak hanya otot kaki saja yang dilatih namun juga otot tubuh bagian atas seperti bisep, trisep, dan juga bahu.

7. Memungkinkan Latihan Interval


Memungkinkan Latihan Interval
pexels.com/Ivan Samkov

Latihan interval merupakan olahraga dengan intensitas tinggi namun dalam waktu yang singkat dan diulang-ulang. Sepeda statis akan sangat mendukungmu untuk melakukan olahraga jenis ini. Sepeda statis memiliki tingkat resistensi yang bervariasi sangat cocok untuk latihan interval.

Hanya cukup mengayuh sepedamu di tempat, kamu sudah mendapatkan banyak manfaat di atas, bukan? Olahraga ini sangat baik dilakukan jika kamu memiliki kondisi tubuh yang tidak dapat berlari atau berolahraga berat, karena masalah persendian.

Olahraga bisa dilakukan oleh siapa saja namun perhatikan jenis olahraga yang cocok dengan kondisi tubuh, terutama bagi lansia. Simak rekomendasinya di artikel ini. Intip juga cara yang ampuh untuk memulihkan tubuh usai berolahraga di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru