Trump Bakal Gelar Pidato Politik Pertamanya Pasca Lengser Jadi Presiden AS Pekan Depan
Reuters/Eva Marie Uzcategui
Dunia

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump rencananya akan berbicara dalam Konferensi Tindakan Politik Konservatif di Orlando, Florida, untuk pertama kalinya setelah lengser pekan depan.

WowKeren - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump rencananya akan berbicara dalam Konferensi Tindakan Politik Konservatif di Orlando, Florida pekan depan. Kemunculan Trump pekan depan akan menjadi penampilan perdananya di hadapan publik usai lengser dari Gedung Putih.

Disebutkan dalam konferensi tersebut, Trump akan berbicara tentang masa depan Partai Republik dan gerakan konservatif. "Coba lihat cara Presiden ke-45 (Trump) dalam menangani amnesti dan kebijakan perbatasan Presiden Biden," ucap sumber itu.

Menurut sumber kepada CNN, mantan Wakil Presiden Mike Pence menolak untuk berbicara di konferensi tersebut. Satu sumber mengatakan penyelenggara masih berharap untuk mengubah pikiran Pence tentang hadir, sementara sumber lain mengatakan Pence berencana untuk tetap di bawah radar selama enam bulan ke depan.


Politico pertama kali mengungkap bahwa Pence secara tegas menolak undangan tersebut. Ketegangan antara Pence dan Trump berawal ketika terjadi kerusuhan di Capitol Hill pada 6 Januari lalu dan keputusan Pence untuk mengesahkan hasil pemilu yang memenangkan Joe Biden sebagai presiden. "Kami menerima Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat terpilih," kata mantan kepala staf Pence, Marc Short kepada CNN, Sabtu (20/2).

Berbeda dengan Trump, Pence menghadiri pelantikan Biden dan Kamala Harris pada awal Januari lalu. Short juga menegaskan jika Trump dan Pence 'berpisah dengan damai' dan mereka tetap menjalin komunikasi sejak lengser dari jabatannya sebagai presiden dan wakil presiden.

Serangkaian klaim tak berdasar Trump dalam Pilpres AS 2020 membuat para petinggi Partai Republik atau GOP gerah dengan tindakannya. Sejumlah tokoh Partai Republik pun memutuskan pindah haluan dengan mendukung pemakzulan Trump, kendati dirinya sudah lengser dari jabatan sebagai presiden.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru