Menaker Ungkap Tutorial Makeup Natural Jadi Pelatihan Paling Diminati di Program Pra Kerja
Instagram/idafauziyahnu
Nasional
Kartu Pra Kerja

Sebagai catatan, teknik makeup natural ini menjadi program pelatihan paling diminati peserta Kartu Pra Kerja yang mendaftar melalui platform digital Sisnaker milik Kementerian Ketenagakerjaan.

WowKeren - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan bahwa ada 586.049 peserta program Kartu Pra Kerja yang mendaftar melalui Sisnaker sepanjang tahun lalu. Adapun total total peserta Kartu Pra Kerja 2020 mencapai 5,5 juta orang.

Menurut Ida, Sisnaker adalah satu-satunya platform digital pelaksana program Kartu Pra Kerja yang dikelola oleh pemerintah. Dari platform digital tersebut diketahui pula 10 program yang paling diminati oleh para peserta Kartu Pra Kerja.

"Dimana di antara platform digital Kartu Pra Kerja, Sisnaker merupakan satu-satunya platform digital milik pemerintah," terang Ida dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Selasa (16/3). "Dari data, diketahui bahwa ada 10 program pelatihan yang paling diminati peserta program Kartu Prakerja di Sisnaker Kemnaker."

Yang menarik, teknik makeup natural merupakan program pelatihan paling diminati oleh peserta pelatihan Kartu Pra Kerja. Sebagai catatan, teknik makeup natural ini menjadi program pelatihan paling diminati peserta yang mendaftar melalui Sisnaker.


"Ini 10 program yang paling diminati ternyata teknik makeup natural itu paling tinggi peminatnya," ungkap Ida. "Kemudian ada juga self makeup, makeup untuk diri sendiri, ada teknik tata rias, jadi lebih banyak untuk kepentingan kompetensi diri."

Berdasarkan jumlah peserta program Kartu Pra Kerja di Sisnaker, teknik makeup natural paling menarik minat dengan 66.666 peserta. Kemudian belajar bahasa Inggris sebanyak 55.136 peserta, sedangkan pengenalan komputer, internet, e-mail dan Microsoft Word sebanyak 46.021 peserta.

Lalu ada juga self makeup atau Teknik Tata Rias Dasar sebanyak 45.933 peserta, serta sosial media marketing sebanyak 38.493 peserta. Selanjutnya ada pelatihan mengolah data numerik menggunakan Microsoft Excel termasuk makro dan pivot dengan 31.004 peserta, Youtube Content Creator sebanyak 24.250 peserta, teknik everyday makeup sebanyak 20.703 peserta, tata rias pengantin sebanyak 16.809 peserta, dan kursus menjahit sebanyak 15.373 peserta.

"Kemnaker pun telah melakukan berbagai upaya untuk program Kartu Prakerja di tahun 2020," jelas Ida. "Seperti melakukan pendataan tenaga kerja terdampak COVID-19 untuk kemudian diusulkan menjadi daftar whitelist program Kartu Prakerja sebesar 2,175 juta orang."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts