Terjadwal Vaksinasi COVID-19 Saat Puasa? Ini 4 Tips dari Kemenkes Agar Berjalan Lancar
Twitter/KemenkesRI
Nasional

Kementerian Kesehatan memberikan beberapa tips bagi masyarakat yang terjadwal menjalani vaksinasi COVID-19 saat berpuasa. Penasaran? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi memberikan beberapa tips bagi masyarakat yang terjadwal menjalani vaksinasi COVID-19 saat berpuasa. Penasaran apa saja itu?

Pertama, Nadia menyarankan masyarakat untuk istirahat dengan cukup dan berkualitas. Ini penting dilakukan agar kondisi tubuh tetap prima saat menerima suntikan vaksin COVID-19.

"Upayakan istirahat cukup. Mungkin istirahat kita waktunya lebih pendek karena kita kan ibadah Ramadan saat malam hari. Tetapi usahakan istirahatnya yang berkualitas," kata Nadia, dilansir dari Kompas, Rabu (21/4).

Kedua, Nadia mengimbau masyarakat untuk tidak overthinking terkait efek samping vaksin COVID-19. Pasalnya, hal itu dapat memicu stres yang berujung pada kurang idealnya kondisi tubuh saat menerima vaksin. "Jangan mikir macam-macam, kurangi stres," imbuh Nadia.

Tips berikutnya, calon penerima vaksin disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang saat sahur. Mereka juga diwajibkan mengkonsumsi air putih yang cukup sebelum pelaksanaan vaksinasi COVID-19.


Tips terakhir dari Nadia juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Jika masyarakat mulai merasakan efek samping setelah disuntik vaksin COVID-19, mereka diimbau untuk beristirahat atau tidur sebentar. "Sehingga tetap bisa mempertahankan puasanya," sambung Nadia.

Dalam kesempatan itu, Nadia juga menjelaskan kesamaan manfaat vaksin COVID-19 dan ibadah puasa. Menurutnya, dua hal ini dapat mendorong regenerasi sel-sel tubuh agar dapat berfungsi dengan lebih baik.

Dia menjelaskan, "Sebenarnya vaksin tidak mempengaruhi kesehatan seseorang yang sedang berpuasa ya, jadi karena keduanya memiliki tujuan dan manfaat yang sama. Sebab puasa mengistirahatkan saluran pencernaan kita."

"Kemudian dengan berpuasa sel-sel tubuh kita beregenerasi lebih baik. Kita juga telah ketahui vaksin ini aman diberikan bahkan saat berpuasa sekali pun," tandasnya.

Sebelumnya, Nadia juga sempat membeberkan dua kondisi warga yang tidak boleh divaksin COVID-19 saat puasa. Dua kondisi yang dimaksud adalah ketika masyarakat terlalu lemas dan memiliki tekanan darah yang terlalu rendah.

"Nanti akan dilakukan screening pada sasaran vaksinasi," kata Nadia dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Senin (12/4). "Kalau dilihat memang misalnya terlalu lemas karena puasa, atau tekanan darah terlalu rendah. Maka vaksinasi ini kemungkinan akan ditunda."

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait