Korban Jiwa COVID-19 di Amerika Serikat Tembus Angka 600 Ribu
AAP/Daniel Pockett
Dunia
Pandemi Virus Corona

Hal ini menunjukkan bahwa pandemi masih belum berakhir meski jumlah kasus COVID-19 di AS mulai menurun sejalan dengan makin banyaknya orang yang menerima vaksinasi.

WowKeren - Kasus kematian akibat virus corona (COVID-19) di Amerika Serikat (AS) telah menembus angka 600 ribu per Kamis (3/6). Hal ini menunjukkan bahwa pandemi masih belum berakhir meski jumlah kasus COVID-19 di AS mulai menurun sejalan dengan makin banyaknya orang yang menerima vaksinasi.

NBC News melaporkan total jumlah kasus positif COVID-19 di Negeri Paman Sam telah mencapai lebih dari 33,4 juta, dan 600.040 pasien di antaranya dinyatakan telah meninggal dunia per Kamis sore kemarin. Sebelumnya, kasus kematian COVID-19 AS mencapai angka 500 ribu per 21 Februari 2021.

AS tetap melaporkan ratusan kematian akibat COVID-19 hampir setiap hari. Namun menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS dalam ringkasan akhir pekan lalu, jumlah kasus positif dan kematian COVID-19 telah turun ke level terendah dalam hampir satu tahun.

Kala itu, CDC melaporkan bahwa jumlah kasus positif COVID-19 dari total tes yang dilakukan dalam sepekan berada di bawah tiga persen. Jumlah tersebut merupakan salah satu angka terendah sejak testing COVID-19 luas dimulai.


CDC juga melaporkan bahwa lebih dari 136 juta orang di AS atau sekitar 41 persen dari total populasi telah mendapat vaksinasi COVID-19 secara penuh. Lebih dari 51 persen dari total populasi juga disebut telah menerima setidaknya satu dosis vaksinasi COVID-19.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden berupaya untuk memvaksinasi 70 persen warga AS sebelum Hari Kemerdekaan mereka pada 4 Juli 2021 mendatang. Menurutnya, warga AS berhak menikmati musim panas yang penuh dengan kebebasan dan kegembiraan setelah lama dibatasi oleh pandemi.

Biden mengungkapkan bahwa lokasi vaksinasi seperti apotek akan menawarkan jam pelayanan esktra selama bulan Juni untuk mendorong lebih banyak orang divaksinasi. Selain itu, layanan penitipan anak drop-in akan ditawarkan bagi orangtua yang hendak mengikuti vaksinasi, perusahaan transportasi Uber dan Lyft juga akan menyediakan tumpangan gratis ke dan dari lokasi vaksinasi.

Adapun program vaksinasi ini dinilai Biden telah berhasil menurunkan kasus COVID-19, jumlah pasien rawat inap, hingga kasus kematian terkait corona secara signifikan. Menurutnya, 12 negara bagian AS telah memenuhi target vaksinasi 70 persen, dan sejumlah negara bagian lainnya diperkirakan akan mencapai target tersebut akhir pekan ini.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts