Birthday Spotlight: Happy Jiyeon Day
Selebriti

Birthday spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu member T-ARA, Jiyeon yang berulang tahun pada 7 Juni lalu. Member tersebut berusia 28 tahun menurut perhitungan Internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member dari T-ARA, Jiyeon yang berulang tahun pada 7 Juni lalu. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi asal Korea ini.

Park Ji Yeon diketahui lahir pada 7 Juni 1993. Memilik nama panggung Jiyeon, ia adalah penyanyi dan aktris Korea Selatan. Dia memulai debutnya sebagai anggota girl grup T-ARA pada Juli 2009. Grup ini kemudian menjadi salah satu girl grup terlaris sepanjang masa.


Selain kegiatan kelompoknya, ia juga membintangi berbagai drama televisi seperti “Soul” (2009), “Master of Study” (2010), “Dream High 2” (2012), “Triangle” (2014). Penyanyi cantik ini juga membintangi berbagai film seperti “Death Bell 2” (2012) dan “Encounter” (2015).

Dia memulai debutnya sebagai artis solo dengan EP pertamanya, “Never Ever”, pada 20 Mei 2014. Ini menjadikannya anggota T-ara pertama yang debut sebagai artis solo. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/putr)

1. Pra-debut


Pra-debut

Jiyeon lahir dari keluarga Korea. Dia sempat bersekolah di Hyehwa Girls' High School dan lulus dari Lila Art High School pada tahun 2012. Dia tidak kuliah untuk fokus pada karirnya. Dia dan Hahm Eunjung adalah dua anggota T-ARA yang dilatih akting. Sebaliknya, keduanya beralih ke bernyanyi meskipun niat asli mereka sebagai aktris.

Jiyeon telah menyatakan minatnya dalam pemodelan. Pada tahun 2008, ketika dia berusia 15 tahun, dia ditampilkan dalam beberapa pemotretan dan iklan untuk perusahaan pakaian Smart dengan boy band Korea SHINee. Dia berkolaborasi dengan Davichi dan SeeYa pada single digital "Women's Generation", yang dirilis pada Mei 2009, menjadikannya anggota pertama T-ARA yang tampil di depan umum.

Dia muncul di video musik SG Wannabe "I Love You" dan "Crybaby" dari album 2009, Gift from SG Wannabe. Sejak awal, media Korea menjulukinya sebagai "Kim Tae Hee Kecil" karena kemiripannya dengan aktris it. Jiyeon kemudian mengikuti audisi di Mnet Casting System dan bergabung dengan perusahaan pada tahun 2008. Dia kemudian memulai debutnya dengan T-ARA pada tanggal 29 Juli 2009.

2. Debut


Debut

Jiyeon memulai debutnya dengan T-ARA pada tanggal 29 Juli 2009. Grup ini secara resmi memulai debutnya pada Juli 2009 dengan singel "Lie", mengikuti perubahan line-up karena perbedaan kreatif. Album studio debut mereka “Absolute First Album” dirilis pada Desember 2009 dan menelurkan beberapa lagu hit termasuk "TTL (Time to Love)", "Bo Peep Bo Peep", dan "You Drive Me Crazy".

Karir T-ARA ditandai dengan musik dance-pop yang sangat menarik, hasil dari kemitraan erat mereka dengan komposer Shinsadong Tiger. Berbagai konsep visual telah membuat grup ini mendapatkan reputasi "seperti bunglon".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

T-ARA mendapatkan pengakuan nasional setelah merilis "Roly-Poly" pada tahun 2011, yang kemudian menjadi single terlaris di tangga lagu Gaon tahun tersebut. Pada puncak popularitas K-pop di Jepang, T-ARA menandatangani kontrak dengan agensi manajemen J-Rock seharga 4.7 juta Dollar AS yang juga dilaporkan angka tertinggi dari girl grup Korea mana pun yang berkembang ke wilayah tersebut pada saat itu.

Debut single Jepang dan album studio mereka mencapai nomor satu di tangga lagu mingguan Oricon dan kemudian disertifikasi Emas. Rilisan Korea T-ARA pada akhir 2011 “Black Eyes” menelurkan tiga nomor berturut-turut: "Cry Cry", "We Were in Love" dan "Lovey-Dovey".

“Roly Poly” juga menjadi sebuah terobosan sukses, menjadi single terlaris dan terlaris tahun 2011 di Korea Selatan dengan lebih dari empat juta unit digital terjual. Lagu ini dianugerahi Best Music Video di 3rd Melon Music Awards dan Singer of the Year (Juli) di 1st Gaon Chart Awards. Ini juga dinominasikan Best Dance Performance oleh Female Group and Song of the Year di Penghargaan Musik Asia Mnet ke-13.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada tahun 2007, Jiyeon membintangi “Lobbyist” dan tahun berikutnya ia membintangi “Ae-ja and Min-ja”. Pada tahun 2010, Jiyeon membintangi “Master of Study”, sebuah adaptasi layar Korea dari manga Jepang Dragon Zakura. Pada tahun yang sama, ia memainkan peran utama dalam film horor “Death Bell 2: Bloody Camp” dan membintangi drama remaja “Jungle Fish 2”.

Pada Oktober 2010, Park menjadi pembawa acara MBC “Show! Music Core”, bersama Suzy, Choi Minho dan Onew. Pada tahun 2012, ia berperan dalam drama remaja “Dream High 2”, dibintangi oleh Kang So Ra, JB dan Jinyoung GOT7, Jinwoon 2AM, Hyorin SISTAR, dan Park Seo Joon.

Jiyeon membuat debut solonya pada Mei 2014dengan merilis lagu utama "Never Ever" (juga dikenal sebagai "1 Minute 1 Second"). Video musik lagu ini peringkat nomor satu di situs video musik terbesar China YinYueTai selama dua minggu berturut-turut.

Pada Februari 2017, diumumkan bahwa Jiyeon akan membuat comeback solonya setelah tiga tahun dengan album baru. Namun, persiapan album kemudian dibatalkan. Pada 26 Desember 2019, Jiyeon merilis EP keduanya Senpass, gabungan dari "Sense" dan "Compass". EP ini terdiri dari lima lagu termasuk lagu utama "Take A Hike".

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada tahun 2012, T-ara mengalami penurunan popularitas karena grup tersebut menghadapi tuduhan perselisihan internal. Hal ini mengakibatkan kepergian langsung Hwayoung dengan Areum setelah setahun setelahnya.

Salah satu member T-ARA, Hwayoung dan saudara perempuannya, Hyoyoung, men-tweet tentang "orang jahat", yang memberi kesan kepada netizen Korea bahwa ada konflik di dalam grup. Netizen me-retweet pesan tersebut dan berspekulasi bahwa Hwayoung sedang dibully.

Ketika kontroversi intimidasi keluar dari tangan, Core Contents Media tiba-tiba mengumumkan kepergian langsung Hwayoung pada 30 Juli, setelah bersama grup selama satu tahun delapan bulan. CEO CCM, Kim Kwang Soo, mengklaim bahwa kontrak Hwayoung dihentikan karena anggota staf merasa perilakunya menyakiti kerja tim, dan kontroversi intimidasi bukanlah alasan kepergiannya.

Kontroversi tersebut menyebabkan grup tersebut untuk sementara menangguhkan aktivitasnya, sementara para anggota melanjutkan aktivitas individu mereka. Baik Hwayoung dan anggota T-ara lainnya mengatakan bahwa fakta tentang masalah bullying mereka dibuat-buat oleh netizen, tetapi di sisi lain menegaskan bahwa sebenarnya ada konflik antara Hwayoung dan anggota lainnya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Pada tanggal 7 Oktober 2020, diumumkan bahwa aktris Jiyeon akan membintangi web drama baru berjudul “Next Door Witch J”. Dia akan berperan sebagai Seo Je Yi sebagai pencipta kecantikan. Pada bulan yang sama tahun 2020, berita telah terungkap bahwa aktris tersebut akan membintangi serial TV lain yang disebut “Imitation” bersama Jung Ji So, Lee Jun Young, Jeong Yun Ho yang akan ditayangkan di KBS2 pada paruh pertama tahun 2021.

“Imitation” bercerita tentang kehidupan idola di tengah industri yang kompetitif. Alur cerita drama berpusat pada kisah cinta antara Lee Ma Ha dan Kwon Ryeok yang berasal dari grup idola berbeda. Jiyeon yang memerankan tokoh La Ri Ma, diva terkenal di semesta "Imitation". La Ri Ma adalah karakter yang penuh karisma, berbakat dan memesona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait