Vaksin COVID-19 Pfizer Disebut Akan Tiba di Indonesia Mulai Agustus
Unsplash/ Prasesh Shiwakoti
Nasional
Vaksin COVID-19

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, mengungkapkan bahwa pasokan Vaksin Pfizer-BioNTech tersebut merupakan hasil pembelian langsung pemerintah.

WowKeren - Vaksin virus corona (COVID-19) buatan Pfizer-BioNTech dikabarkan akan tiba di Indonesia mulai bulan Agustus 2021 mendatang. Sebanyak 50 juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech disebut akan didatangkan secara bertahap mulai Agustus hingga Desember.

"Vaksin Pfizer akan mulai tiba bulan Agustus, dengan jumlah pengiriman berkisar antara 7,5 juta hingga 12 juta dosis per bulan," papar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, Sabtu (19/6). Nadia juga menambahkan bahwa pasokan Vaksin Pfizer-BioNTech tersebut merupakan hasil pembelian langsung pemerintah.

Menurut Nadia, rencana ini telah dibicarakan dengan pihak perusahaan yang memproduksi Vaksin Pfizer di Amerika Serikat. "Ini rencana yang sudah dibicarakan dengan pihak Pfizer ya, semoga tentunya tidak ada perubahan," papar Nadia kepada Katadata.co.id.

Lebih lanjut, Nadia mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia hingga saat ini telah mendatangkan 94 juta dosis vaksin COVID-19 dari sejumlah produsen. Hanya saja jumlah yang telah didistribusikan ke masyarakat baru mencapai 35 juta dosis.


"Dari 94 juta yang diterima, sebanyak 81,5 juta dalam bentuk bulk yang artinya akan jadi vaksin siap 66 juta dosis," terangnya.

Sebagai informasi, Indonesia juga baru saja menerima 10 juta bulk vaksin COVID-19 Sinovac yang datang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Minggu (20/6) siang ini. Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi menyatakan bahwa pemerintah terus berupaya mengamankan ratusan juta dosis vaksin COVID-19 untuk menyuntik 181,5 juta penduduk Indonesia yang menjadi target vaksinasi.

"Upaya-upaya ini kita lakukan dalam rangka penyediaan dalam bentuk pendekatan bilateral, multilateral, maupun eksplorasi produk dalam negeri," tutur Oscar. "Alhamdulillah tentunya dengan adanya kedatangan ini kita terus berupaya untuk melakukan distribusi dan melakukan program vaksinasi agar berjalan dengan baik."

Oscar pun menegaskan bahwa vaksin COVID-19 yang disediakan oleh Kemenkes adalah vaksin yang telah teruji dan memenuhi standar aspek keamanan, efikasi, hingga mutu. Meski demikian, Oscar mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait