Transpuan Berprestasi, Ini 7 Fakta Oscar Lawalata Yang Bikin Kagum
Instagram/oscarlawalata
Selebriti

Penampilan baru Oscar Lawalata hangat diperbincangkan publik. Desainer ternama itu mengunggah potret terbarunya mengenakan swimsuit. Netizen pun memberikan komentar yang beragam.

WowKeren - Oscar Lawalata menjadi perhatian publik tatkala potret dirinya yang memakai baju renang dia unggah di akun Instagram. Yang menjadi perhatian adalah penampilan barunya setelah berhasil melakukan operasi menjadi transpuan.

Dalam unggahan tersebut, tampak Oscar bersama adiknya Mario Lawalata berlibur ke air terjun Waimarang, Sumba. Oscar terlihat memakai swimsuit dan memotong rambutnya pendek. Oscar juga sempat mengunggah potret dirinya sendiri tengah berendam di air terjun Waimarang. Penampilan Oscar itu menuai pro dan kontra.


Oscar sebelumnya memang diketahui menjalani operasi untuk menjadi transpuan. Oscar diketahui harus menjalani recovery selama satu tahun pasca operasi. Meski perubahan penampilannya mengejutkan publik, Oscar adalah sosok yang berprestasi.

Desainer kelahiran tahun 1977 ini pernah mengharumkan nama bangsa lho. Oscar bahkan berhasil mengenalkan pakaian tradisional khas Indonesia ke mancanegara. Berikut deretan fakta tentang Oscar yang wajib kamu tahu!

(wk/wahy)

1. Menggaungkan kampanye 'We Are Human'


Menggaungkan kampanye <i>'We Are Human'</i>
Instagram/denarachman

Publik masih memperbincangkan perihal pemotretan Oscar Lawalata, Denny Rachman dan Miley Cyrus. Hal yang menarik perhatian publik adalah ketiganya sama-sama transpuan dan menggaungkan kampanye "We Are Human". Kampanye tersebut menggaungkan pemahaman bahwa transgender adalah manusia yang memiliki kehormatan dan berhak diperlakukan adil.

2. Menggelar Pagelaran Batik di markas UNESCO


Menggelar Pagelaran Batik di markas UNESCO
Instagram/oscarlawalata

Oscar Lawalata telah berhasil mengenalkan batik ke dunia Internasional. Bersama Edward Hutabarat dan Denny Wirawan, Oscar Lawalata menggelar pagelaran busana batik di kantor UNESCO, Prancis pada tahun 2018 silam. Ketiganya mempresentasikan koleksi batik ready wear hingga gown dan beach wear.

3. Cinta pandangan pertama ke baju bodo


Cinta pandangan pertama ke baju bodo
Instagram/oscarlawalata

Sudah menjadi rahasia umum jika cinta Oscar Lawalata pada kain tradisional diawali karena pertemuannya dengan baju Bodo. Oscar jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihat baju tradisional khas Sulawesi Selatan itu. Baju Bodo lah yang menjadi inspirasinya dalam menggeluti kain tradisional.

4. Artis memakai busana karyanya


Artis memakai busana karyanya
Instagram/andienaisyah

Desain fashionnya yang begitu mendunia tentu saja menarik perhatian kalangan artis. Andien Aisyah pernah menjajal busana desainan Oscar Lawalata saat acara "Commonwealth Life Starlight Awards Dinner 2017". Andien terlihat begitu cantik dalam balutan busana inspirasi songket Palembang karya Oscar Lawalata.

5. Prihatin dengan batik printing


Prihatin dengan batik <i>printing</i>
Instagram/oscarlawalata

Oscar mengaku prihatin atas maraknya batik printing karena dapat merugikan para pengrajin. Para pengrajin menurutnya sudah bersusah payah mengerjakannya hingga berbulan-bulan, namun diprint begitu saja oleh oknum tidak bertanggung jawab. Oscar terkenal sangat menghargai pengrajin kain batik. Selain menghargai motifnya yang indah, masyarakat juga harus menghargai proses pembuatan batik yang melibatkan para pengrajin.

6. Desainnya selalu elegan


Desainnya selalu elegan
Instagram/oscarlawalata

Sentuhan busana yang dibuat Oscar selalu menampilkan kesan elegan. Meski desainnya adalah pakaian adat, namun sentuhan tangan Oscar membuatnya menjadi semakin indah. Tak jarang netizen yang tak begitu paham dunia fashion pun memuji betapa elegannya busana-busana karya Oscar Lawalata.

7. Mendesain masker yang unik


Mendesain masker yang unik
Instagram/oscarlawalata

Tak hanya pakaian bernuansa etnik, Oscar Lawalata juga mendesain masker dengan kain khas negara kita ini. Masker yang dibuat Oscar tak kalah indahnya dengan fashion batiknya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru